Sukses

Cara FWD Life Genjot Penetrasi Asuransi di RI

Liputan6.com, Jakarta Penetrasi industri asuransi di Indonesia masih terbilang rendah, baru sekitar 2,7 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB). Angka ini masih jauh tertinggal dibandingkan negara-negara ASEAN lain yang rata-rata sudah mencapai 5 persen.

Mengacu pada ini, perusahaan asuransi PT FWD Life Indonesia (FWD Life), mengeluarkan cara yang disebut Inisiatif Sedikit Pengecualian (Less Exclusion). Ini menjadi yang pertama di industri asuransi jiwa di Indonesia.

Inisiatif Sedikit Pengeculian ini merupakan inisiatif untuk mengurangi dan menyederhanakan bahasa pada syarat dan ketentuan pengecualian dari polis asuransi FWD Life agar isinya lebih relevan  atau sesuai dengan jenis pertanggungan yang diberikan. Serta agar dapat lebih mudah dipahami dan dimengerti oleh nasabah.

"Dengan mudah memahami ketentuan-ketentuan pengecualian ini, maka diharapkan cara pandang masyarakat terhadap asuransi bisa berubah menjadi lebih baik dan pada akhirnya dapat mendukung peningkatan penetrasi industri asuransi di Indonesia yang saat ini baru sekitar 2,7 persen dari Produk Domestik Bruto," kata dia dalam keterangannya, Kamis (26/10/2017).

Dia mengaku, sejak 2015, FWD Life sudah mulai menerapkan inisiatif dengan menghilangkan kegiatan olahraga berisiko tinggi dari pengecualian produk asuransi untuk beberapa produknya.

"Kami terus mengembangkan pendekatan ini untuk diterapkan pada seluruh produk FWD Life dengan mengunakan 3 pendekatan dalam menyederhanakan dan mengurangi pengecualian polis ini,” dia menambahkan.

Chief of Product Proposition & Sharia FWD Life, Ade Bungsu menyebutkan tiga pendekatan tersebut. Pertama, pendekatan Remove, tidak hanya menghilangkan olahraga berisiko tinggi dari daftar pengecualian.

Pendekatan kedua adalah Clarity, yakni kondisi yang sudah ada sebelumnya atau pre-existing condition, masa tunggu dan penyakit khusus dihilangkan karena telah dijelaskan pada bagian manfaat asuransi. Terakhir, pendekatan Combine (disederhanakan). 

“Kami berharap dengan inisiatif Sedikit Pengecualian ini masyarakat lebih percaya diri untuk menciptakan momen terbaik dalam hidup yang penuh dengan segala kemungkinan. Karena dengan perlindungan asuransi dari FWD Life, nasabah memiliki perlindungan dengan proteksi yang lebih lengkap dan dapat membebaskan diri untuk mengambil segala kesempatan yang ada karena apa yang sebelumnya tidak dilindungi sekarang dilindungi oleh FWD Life,” kata Ade.

 

 

Artikel Selanjutnya
Jurus Astragraphia Dorong Industri Printing di Indonesia
Artikel Selanjutnya
Telkomsel Hadirkan Platform Iklan untuk Segmen UKM