Sukses

Genjot Bisnis, Perusahaan Asuransi Bidik Nasabah Millenial

Milenial sering dianggap sebagai generasi yang kurang terampil akan pengelolaan keuangan dan cenderung kurang peduli akan jaminan kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Milenial sering dianggap sebagai generasi yang kurang terampil akan pengelolaan keuangan dan cenderung kurang peduli akan jaminan kesehatan lewat asuransi. Tetapi faktanya, data dari Zurich Topas Life menunjukkan hal sebaliknya.

Chief Distribution and Communication Officer Zurich Topas Life Rosmaylinda Nasution mengatakan, industri layanan kesehatan merupakan salah satu sektor yang menjanjikan di Indonesia. Faktor-faktor seperti peningkatan pendapatan masyarakat, naiknya biaya kesehatan, serta jumlah penduduk menciptakan potensi pasar yang besar bagi para pelaku industri perlindungan kesehatan.

"Frost & Sullivan Health memperkirakan bahwa industri kesehatan Indonesia akan tumbuh tiga kali lipat dari US$ 7 triliun pada 2014 menjadi US$ 21 triliun pada 2019," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (28/10/2017).‎

Menurut dia, pesatnya kenaikan populasi penduduk, terutama milenial kelas menengah Indonesia berimplikasi terhadap pertumbuhan industri kesehatan. Sebagai gambaran, angka pendapatan tahunan yang dapat dibelanjakan (annual disposable income) Indonesia diperkirakan akan menjadi US$750 miliar pada 2020, naik 53 persen dari 2013.

"Hal ini berdampak pada peningkatan kemampuan masyarakat untuk mengakses layanan kesehatan," kata dia.

Milenial dari kalangan kelas menengah, lanjut Rosmaylinda, merupakan salah satu target nasabah utama bagi Zurich Topas Life. Saat ini, hampir 50 persen Nasabah Zurich Topas Life berasal dari segmentasi milenial, dengan kisaran umur dari 22-36 tahun. Di kalangan ini, produk perlindungan kesehatan adalah salah satu produk yang paling diminati.

‎"Sepanjang 2017, Zurich Topas Life mencatat adanya pertumbuhan pemanfaatan asuransi kesehatan yang signifikan di kalangan milenial dibandingkan dengan segmentasi nasabah lainnya, termasuk generasi X," ungkap dia.

Dia menjelaskan, kemajuan teknologi, globalisasi dan perubahan ekonomi membentuk generasi milenial yang memiliki karakter berbeda dengan generasi sebelumnya. Populernya gaya hidup sehat beberapa tahun belakangan turut mendorong peningkatan kesadaran mereka akan perlindungan kesehatan.

"Untuk menjangkau pasar milenial, Zurich Topas Life fokus pada penyediaan asuransi kesehatan yang sesuai karakter milenial. Tantangannya adalah bagaimana kita bisa mendorong mereka untuk tertarik mencoba terlebih dahulu. Jika sudah mencoba dan merasakan manfaatnya, maka ke depan tentu mereka akan lebih termotivasi menyiapkan perencanaan proteksi dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, produk harus mudah dipahami, inovatif, dan terjangkau,” tandas Rosmaylinda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini