Sukses

Lakukan 4 Hal Sulit Ini agar Sukses Bekerja

Jika Anda memiliki pekerjaan bagus, ada saatnya harus melakukan pekerjaan yang tidak disukai.

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda memiliki pekerjaan yang bagus, mungkin ada saatnya Anda harus melangkah dan melakukan sesuatu yang tidak Anda sukai.

Akan tetapi, hal itu yang membuat Anda harus melangkah meski tak suka bisa sebagai cara untuk termotivasi. Selain itu juga bisa membantu Anda menangani pekerjaan dengan sangat penting.

Berikut empat hal yang mungkin Anda lewati tetapi sebaiknya dilakukan seperti dikutip dari laman CNBC, Minggu (29/10/2017):

1. Berurusan dan berdamai dengan rekan kerja yang negatif

Profesor Universitas Standford dan penulis buku Robert Sutton menuturkan, sebagian pekerja akan menghadapi intimidasi yang terus menerus di tempat kerja.

Meski penting mengetahui kapan untuk memberitahu atasan mengenai perasaan tidak aman dan tidak melakukan pekerjaan secara efektif, Anda bisa mengubah cara bereaksi terhadap rekan kerja itu. Ini juga dapat membantu Anda.

Sutton menuturkan, trik mental dengan mengingatkan diri sendiri kalau bukan Anda yang memiliki masalah atau membayangkan penghalang antara Anda dan rekan kerja itu dapat kurangi dampak buruk.

"Berlatih tetap positif dapat menghemat tenaga, pikiran, melindungi kesehatan fisik serta mencegah Anda menyakiti orang yang Anda cintai," ujar dia.

2. Belajar membahas kesalahan pekerjaan dengan atasan Anda

Akan ada saat Anda membuat kesalahan dan hadapi masalah ketika mengerjakan proyek. Meski tergoda untuk menyimpannya sendiri, sebaiknya Anda harus berbicara.

Jika punya masalah, jangan panik. Penulis blog karier The Muse Kat Boogaard menuturkan, putuskan waktu terbaik untuk berbicara dengan atasan Anda.

Kemudian pastikan ambil langkah termasuk mengumpulkan informasi tentang situasi yang dihadapi dan kemungkinan dampaknya. Selain itu Anda mesti bersikap tanggungjawab dan profesional pada saat stres.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Keluar dari rutinitas dan bertemu orang baru di tempat kerja

Meski tergoda untuk menampilkan pekerjaan terbauk, Penulis Suzy Welch menuturkan, kalau pergi keluar dari rutinitas juga dapat membuat Anda maju.

"Anda harus dipercaya oleh atasan dan rekan kerja Anda. Salah satu cara efektif dengan belajar lebih banyak mengenai rekan kerja di departemen berbeda," ujar dia.

Welch menuturkan, dengan meluang waktu mengenal orang lain dapat membantu Anda bagun reputasi kuat.

Ia menambahkan, coba lihat menyeluruh pekerjaan Anda yang sudah dilakukan. Kemudian buktikan kalau Anda memiliki pertumbuhan kemampuan dan pekerjaan yang baik ke depan.

4. Sebelum tidur matikan ponsel pintar

Banyak orang Amerika Serikat melaporkan soal kecanduan terhadap ponsel pintar. Hal ini bisa saja ganggu produktivitas di tempat kerja.

Padahal orang AS mengakui kalau pihaknya akan lebih baik saat bekerja ketika mendapatkan lebih banyak tidur. Hal itu berdasarkan survei yang dilakukan Glassdoor.

Menempatkan ponsel pintar sebelum tidur cara bagus untuk tidur lebih cepat sehingga lebih produktif saat bekerja.

Ahli komunitas Glassdoor Sarah Stoddard menuturkan, agar memasukkan barang elektronik 15 menit sebelum tidur. Ini agar membantu melepaskan diri dari pekerjaan saat di rumah dan membantu Anda rileks.

"Ini akan membuat otak Anda bebas dari cahaya biru yang dipancarkan dari ponsel pintar," tutur dia.

Sebagai gantinya sebaiknya luangkan waktu untuk menulis jurnal, membaca dan bersantai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.