Sukses

Sekilas Nampak Biasa, Batu Ini Justru Dijual Rp 249 Juta

Permukaannya tak rata, penuh lubang tapi mengapa batu ini dijual sangat mahal?

Liputan6.com, New York - Dilihat sekilas, bongkahan batu ini memang tak jauh berbeda dengan batu yang ada di jalan. Permukaannya tak rata, penuh lubang dan tak bernilai.

Tapi siapa sangka, batu ini ternyata memiliki nilai sangat besar. Dilansir dari metro.co.uk, Selasa (31/10/2017), batu berukuran 26x23x17 cm ini diyakini merupakan pecahan meteorit. Beratnya pun mencapai 26,5 kilogram (kg) sehingga dihargai mencapai 14 ribu pound sterling atau Rp 249 juta.

Meteorit ini berasal dari Pajalam Norbotten, Swedia. Batu ini telah dilelang di Catawiki. Country Manager Catawiki di wilayah Nordic, Claes Hein, mengatakan, melelang batu metorit adalah hal yang menyenangkan bagi perusahaannya. "Selalu menjadi misteri tentang siapa yang akan membeli pecahan batu ini," kata Hein.

Menyaksikan jatuhnya meteorit sangat jarang terjadi. Dilaporkan setiap tahun, hanya tiga sampai empat kali kejadian itu terjadi di seluruh dunia.

Harga meteorit pun bervariasi tergantung ukuran dan ragamnya, namun secara keseluruhan, batu luar angkasa dianggap investasi yang bagus, kata rumah lelang Catawiki.

Pembeli yang beruntung akan medapatkan batu beserta sertifikatnya. Pihak arkeolog memperkirakan, batu ini memiliki usia 4 miliar tahun.

Sebelumnya pada Mei lalu, rumah lelang Christie di New York juga melelang beberapa batu meteorit langka. Batu meteor tersebut ada yang bersal dari bulan dan Mars. Bentuknya pun bermacam-macam, ada yan kristal, irisan hingga seukuran jendela kecil.

Perwakilan Rumah Lelang Christie James Hyslop mengatakan, batu bongkahan meteor ini memiliki daya tarik luar biasa bagi kolektor. Tak jarang mereka rela mengantri untuk bisa memilikinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini