Sukses

Kamu Sudah Jago Atur Uang? Cek Lewat 10 Tanda Ini

Dalam sebulan banyak hal yang harus dibayar, dibeli, dan dicicil, maka diperlukan keahlian untuk mengelola keuangan.

Liputan6.com, Jakarta - Memastikan pengeluaran tidak lebih besar dari pemasukan bukanlah perkara mudah. Dalam sebulan banyak hal yang harus dibayar, dibeli, dan dicicil, maka diperlukan keahlian untuk mengelola keuangan.

Jika sudah menemukan pola untuk mengatur finansial, tentu Anda akan lebih tenang menjalani hari. Jadi, apakah kamu sudah jago mengatur uang?

Yuk, cek lewat 10 tanda ini seperti ditulis Swara Tunaiku:

1. Adanya pendapatan tetap

Awal mula dari keuangan yang merdeka adalah punya penghasilan tetap, baik dari bekerja kantoran ataupun bisnis. Pemasukan yang selalu ada di tiap bulan ini yang akan diolah selanjutnya tanpa takut tidak punya modal hidup di bulan berikut.

2. Tidak pernah menunggak tagihan

Iuran bulanan seperti pemakaian pulsa, langganan internet, air, dan listrik mampu terbayarkan tanpa membuat anda kesusahan bertahan hidup. Bebas tunggakan adalah tanda seseorang mampu mengatur prioritas kebutuhan dan pemakaian uangnya.

3. Tahu jumlah pengeluaran tiap bulan

Pengeluaran yang selalu tertata akan menjadi pola yang bisa diantisipasi. Setiap bulan ada biaya dengan jumlah yang konsisten akan keluar karena tagihan dibayarkan tepat waktu. Biaya ekstra seperti denda tidak akan masuk agenda keuangan Anda.

4. Punya tabungan

Merdeka secara finansial berarti bisa menyisihkan sebagian dari pendapatan untuk ditabung. Hal ini sulit dilakukan jika pengeluaran tidak terkendali dan berubah-ubah tiap bulannya. Maka memiliki tabungan untuk biaya sekolah, pernikahan, atau tabungan jangka pendek adalah tanda seseorang sudah mampu mengatur keuangannya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

https://www.vidio.com/watch/783544-3-taktik-agar-tak-bokek-di-tanggal-tua

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

5. Mampu membeli barang idaman

Membeli barang tanpa dipusingkan dengan harganya adalah tanda lain keuangan seseorang sudah mapan.

6. Riwayat keuangan bersih

Selain menandakan seseorang bersih dari masalah saat mencicil pinjaman, profil yang bersih juga menjadi keuntungan butuh dana pinjaman dari bank. Pihak bank tidak akan menyulitkan proses selama riwayat keuangan anda bersih.

7. Bebas tagihan kartu kredit

Tidak ada salahnya memiiki kartu kredit selama tagihan bulanan terbayar tanpa mengganggu pos keuangan lain. Uang yang tidak terlihat ini sering kali lebih memusingkan dampak pemakaiannya. Jika tidak benar-benar diperlukan, pemakaian kartu kredit tidak perlu dilakukan agar keuangan tetap terkendali.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

8. Bijak mengeluarkan uang

Menghindari pembelian barang berlebih akan menjaga keuangan anda. Peribahasa besar pasak daripada tiang sebaiknya tidak terjadi karena akan mengacaukan pola stabilitas finansial yang sudah dibangun sebelumnya.

9. Visioner

Masa tua seseorang akan lebih sejahtera jika direncanakan sejak muda. Tentu bisa leluasa merencanakannya jika tidak terlilit utang. Sifat visioner ini hanya akan timbul jika keuangan saat ini sudah bisa dikelola dengan baik.

10. Punya investasi

Tentu hal yang tidak akan dilewatkan oleh para jagoan mengatur keuangan, berinvestasi. Bentuk investasi yang semakin beragam, saham, reksa dana, properti, hingga emas akan jadi sasaran bagi mereka yang sudah melewati financial breakthrough.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini