Sukses

Cara Pintar Manfaatkan Promo Kartu Kredit Cicilan 0 Persen

Liputan6.com, Jakarta - Cicilan 0 persen alias bebas bunga! Siapa tidak tergiur dengan tawaran  promo kartu kredit semacam itu? Ini seperti membeli barang yang bisa dicicil 12 bulan, tanpa dikenakan bunga sama sekali.  

Dengan sistem tersebut, Anda bisa mengubah pengeluaran besar menjadi potongan-potongan dengan nominal kecil. Lalu membayarkannya secara bertahap sesuai lamanya cicilan yang disepakati di depan.

Pendek kata Anda  bisa mendapatkan barang idaman dengan harga tunai, tanpa perlu menguras uang bulanan bahkan tabungan. Bayangkan enaknya,  nasabah tidak akan ditagih bunga sama sekali  atas pembelian barang yang masuk dalam program promo tersebut. 

Dengan demikian pembayaran juga terasa lebih ringan dan Anda masih bisa menyimpan uang yang sedianya untuk membayar bunga.  Tapi eiiits... jangan buru-buru mengambil keputusan. Sebelum memutuskan menggesek kartu Anda, sebaiknya periksa dulu beberapa persyaratan dan ketentuan yang harus dipenuhi untuk mengikuti program cicilan 0 persen.

Simak ulasan  dari Danaxtra.com berikut ini:

Promo Kartu Kredit Berlaku Eksklusif

Pada dasarnya, program cicilan 0 persen kartu kredit berlaku eksklusif untuk pemegang kartu kredit tertentu,  di toko tertentu dan untuk barang tertentu pula. Toko yang menawarkan progam ini biasanya memasang tanda pemberitahuan yang menunjukkan bahwa mereka bekerjasama dengan pihak bank tertentu.

Karena itu pastikan barang yang ingin Anda beli masuk dalam promosi tersebut. Untuk mengetahui barang apa saja dan di toko mana yang menjalin kerjasama program dengan bank penerbitan kartu kredit Anda, bisa diperiksa melalui internet.

Datangi  toko tersebut dan pastikan bahwa program masih berlaku. Soalnya kadang-kadang ada  beberapa toko yang belum mencopot banner promosi tersebut kendati program sudah berlalu.

Selain memeriksa langsung di toko bersangkutan, Anda juga bisa  menanyakannya kepada bank yang mengeluarkan kartu kredit Anda. Jika program itu ternyata dijalin melalui kerjasama dengan beberapa toko, silakan pilih toko yang mengenakan harga termurah.

Periksa juga apakah ada ketentuan minimal pembelian yang harus dipenuhi. Lalu perhitungkan jangka waktu pembayaran. Bank biasanya menawarkan antara 3 bulan, 6 bulan atau 12 bulan. Setelah itu periksa juga kalau ada biaya ekstra yang dikenakan untuk mengikuti program promo kartu kredit tersebut. 

Pada promo cicilan 0 persen, biasanya ada biaya administrasi  dan pajak yang harus ditanggung untuk dibayarkan kepada bank penerbit kartu kredit.  Memang jumlahnya seringkali tidak banyak (berkisar 3 persen - 4 persen dari total transaksi yang harus dibayarkan).  (Baca Juga: Belanja Cicilan 0 Persen, Why Not?)

Tapi jika bisa melakukan negosiasi dengan toko agar merekalah yang menanggung biaya tersebut,  Anda akan berhemat lebih banyak lagi. Setiap toko punya peraturan berbeda-beda.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

Telat Bayar, Promo Bebas Bunga Sia-sia

Sebelum memutuskan untuk membeli barang yang Anda incar melalui  promo bebas bunga, pastikan limit kartu kredit  Anda mencukupi. Meski ada embel-embel bebas bunga, kenyataannya Anda harus tetap mengikuti syarat dan ketentuan berlaku. Kebanyakan pengguna kartu kredit kurang memperhatikan ketentuan ini.

Waspada biaya overlimit yang akan muncul bila anda mengambil cicilan 0 persen mendekati limit. Setelah memenuhi ketentuan dan syarat yang berlaku, pastikan Anda telah mengajukan permintaan program cicilan 0 persen sebagai metode pembayaran.

Jika sudah terjalin kesepakatan dengan pihak toko, Anda sudah bisa menggunakan program tersebut. Ingat-ingat selalu jumlah tagihan dan tanggal jatuh tempo yang mesti Anda patuhi. Jangan sampai terlambat membayar tagihan kartu kredit, agar promo ini tidak sia-sia.

Begitu terlambat membayar, Anda akan kena denda. Dengan demikian, sia-sialah program cicilan 0 persen  karena Anda harus mengangsur tagihan dengan tambahan denda. 

 Kendati promo kartu kredit ini sangat memudahkan untuk berbelanja, Anda sebaiknya tetap berhati-hati dalam  memanfaatkan fasilitas cicilan 0 persen ini. Tetap jaga perilaku, jangan sampai kebobolan belanja  barang yang tidak diperlukan karena  tidak mampu menahan nafsu. Anda harus tetap cermat belanja.

Jangan sampai niat awal ingin hemat dengan cicilan 0 persen, justru  menghasilkan pembengkakan tagihan kartu kredit karena harus membayar banyak cicilan sekaligus tiap bulan.  Sesuaikan dengan kondisi keuangan, perhitungkan kemampuan membayar dan kewajiban lain yang masih Anda miliki. Nikmati program cicilan 0 persen dengan semestinya!

Artikel Selanjutnya
Ini Situasi Saat Anda Butuh Kartu Kredit untuk Transaksi Belanja
Artikel Selanjutnya
Biar Enggak Kecele, Begini Cara Mudah Menghitung Diskon dan Promo