Sukses

5 Rahasia Sukses Bisnis Online Shop bagi Ibu Rumah Tangga

Ibu rumah tangga bisa tetap produktif dan menghasilkan uang lho. Caranya adalah dengan bisnis online shop.

Liputan6.com, Jakarta - Ibu rumah tangga bisa tetap produktif dan menghasilkan uang, lho. Caranya adalah dengan bisnis online shop. Tak heran jika bisnis ini berkembang cukup pesat. Dan, mungkin sudah banyak orang di sekitarmu yang terjun ke bisnis online shop.

Dengan cara ini pula, ibu rumah tangga mencari tambahan penghasilan sembari mengisi waktu luang. Nah, seperti ditulis Swara Tunaiku, para ibu rumah tangga yang berencana bisnis online shop, bisa ikuti 5 cara ini untuk mulai bisnis online shop:

1. Siapkan smartphone!

Jika ingin memulai bisnis online shop, harus siap-siap punya smartphone ya. Kamu bisa memakai smartphone untuk mengakses BBM, FB, WA, dan Instagram. Tak perlu membeli smartphone yang mahal, asalkan bisa dipakai untuk berjualan sudah cukup.

Harga Rp 1-2 jutaan juga tak masalah. Terpenting nih, kamu tahu bagaimana cara mengoperasikannya. Kalau gaptek, susah juga, tuh, untuk memulai bisnis online shop!

2. Tentukan jenis bisnis

Saat berbisnis online shop, kamu bisa menjual apa saja. Bisa menjual peralatan dapur, jilbab atau lauk pauk dan kue. Terpenting adalah kamu tahu betuk produk yang bakal kamu jual.

Selain barang, kamu juga bisa menjual jasa dan keterampilan. Seperti keahlian untuk memperbaiki alat elektronik, membuat furnitur, dan les privat.

3. Info dan gambar produk harus jelas

Saat kamu ingin berjualan produk fashion seperti baju, ada baiknya siapkan foto dengan kualitas bagus. Berikan sedikit sentuhan dengan penataan yang cantik dan background yang menarik.  Bahkan, kalau perlu bisa memakai model foto.

Lengkapi foto dengan dengan informasi baju yang akan dijual secara mendetail. Di antaranya adalah ukuran panjang dan lebar, warna yang tersedia, bahan, dan lain-lain. Jangan sampai,deh, foto dan info beda dengan barang yang asli.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Fokus pada produk yang dijual

Jika baru memulai bisnis, pastikan untuk fokus pada satu barang atau jasa yang dijual. Karena baru memulai, tak perlu memaksakan diri untuk menjual banyak barang. Bisa dimulai dengan menjual makanan atau kaos kaki, terpenting fokus pada satu barang terlebih dahulu.

Prinsipnya adalah biarkan dapur mengepul dulu, nanti bisa berjualan produk lain kalau modal sudah terkumpul. Dan lagi, konsumen bisa ragu untuk membeli jika bisnismu terlihat kurang fokus.

5. Daftar akun e-commerce

Saat kamu hanya memakai grup BBM atau WA untu berjualan, hal ini tak beda jauh dengan promosi dari mulut ke mulut. Jadi, target pasarmu tak akan luas. Beda cerita kalau kamu jualan melalui situs online, pembelimu bisa berasal dari mana saja.

Kini, Instagram menjadi salah satu media sosial yang paling efektif untuk jualan. Namun, bukan berarti kamu bisa mengabaikan pasar online ya. Buat akun untuk berjualan di situs berjualan online. Seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, OLX, dan lainnya.

Situs berjualan ini bisa kamu unduh di App Store ataupun Playstore.  Memulai bisnis online shop cukup gampang, bukan? Kamu cukup mengunggah barang dan  mengisi data diri.

Dengan begini, kamu sudah tahu apa saja hal penting saat akan membuka online shop. Sudah banyak para ibu rumah tangga yang memulai bisnis jenis ini. Apakah kamu mau jadi salah satunya?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.