Sukses

Gaji Cuma Numpang Lewat? Lakukan 5 Tips Berhemat Ini!

Dapat gaji, happy, belanja terus habis, pernah merasakan hal ini?

Liputan6.com, Jakarta - Dapat gaji, happy, belanja terus habis, pernah merasakan hal ini? Tidak dipungkiri bukan hanya satu orang yang merasakan hal tersebut ketika gajian, tapi hampir semua karyawan pernah merasakannya.

Sebelum Anda menghabiskan gaji Anda untuk yang tidak benar-benar dibutuhkan, ada baiknya Anda berhemat untuk kebutuhan jangka panjang. Bagaimana caranya?

Berikut ulasannya seperti dikutip dari Karir.com:

1. Tabung dulu, jajanin kemudian

Biasanya, setelah gajian gejolak untuk belanja meningkat, tak heran banyak toko online yang memberlakukan promo besar-besaran setiap tanggal gajian. Nah, dari hal-hal kecil yang dibelanjakan biasanya tidak terasa uang sudah habis begitu saja.

Untuk itu, Anda perlu membalik sistem pengeluaran menjadi tabung dulu, jajanin kemudian. Maksudnya gimana? Setiap menerima gaji usahakan sisihkan di rekening tabungan berbeda dengan rekening jajan.

2. Miliki dua atau lebih rekening bank

Fungsinya memiliki lebih dari satu rekening di bank bisa dijadikan tolak ukur dalam menabung. Lebih baik lagi, uang yang ditabungkan tidak diambil dalam beberapa waktu. Kuncinya ada pada konsistensi dan tujuan Anda dalam menabung. 

3. Bijak menggunakan kartu kredit

Sudah memiliki dua rekening tabungan tapi gaji masih habis begitu saja? Mungkin tanpa sadar Anda berbelanja tidak menggunakan uang tunai, melainkan kartu kredit.

Banyak yang menjuluki kartu kredit sebagai “kartu setan.” Padahal pada kenyataannya, kartu kredit bisa dijadikan teman setia di saat-saat darurat. Anda perlu menahan diri untuk yang satu ini dengan cara bersikap kritis pada apa yang ingin Anda beli, apakah sebuah kebutuhan atau hanya keinginan sementara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Cari penghasilan tambahan

Cara lain yang bisa dilakukan agar dapat berhemat dari gaji bulanan adalah dengan mencari penghasilan tambahan. Anda punya hobi tertentu? Jadikan sebagai ladang menggali pundi-pundi yuk! 

5. Miliki investasi yang tepat

Nah, jika uang Anda masih banyak sisa dan ingin dikembangkan, ada baiknya Anda berinvestasi, bisa dengan mengikuti asuransi, reksadana, emas, dan lain-lain.

Di investasi, Anda akan terbiasa untuk menabung tanpa mengambil ketika ingin membeli sesuatu, karena investasi berfungsi sebagai rem. Cara ini terbukti efektif bagi Anda yang merasa sulit menabung. Jadi, sudah siap untuk berhemat kan?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini