Sukses

Daya Saing Industri Manufaktur RI Naik ke Peringkat 9 Dunia

Industri manufaktur Indonesia terus menunjukkan taringnya di dunia.

Liputan6.com, Jakarta Industri manufaktur Indonesia terus menunjukkan taringnya di dunia. Hal ini dibuktikan dengan berhasilnya daya saing industri manufaktur Indonesia menduduki peringkat 9 dunia.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan peringkat ini dikeluarkan United Nations Industrial Development Organization (UNIDO) pada survei terakhirnya di 2016

"Memang kalau dilihat dari kontribusi industri manufaktur ke PDB menurun, tapi kontrtibusi industri manufaktur Indonesia terhadap 'kue' dunia itu naik terus, kini di peringkat 9 dunia," kata Airlangga di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Rabu (1/11/2017).

Pada peringkat 9 ini, UNIDO menempatkan tiga negara di posisi yang sama. Selain Indonesia, ada Brasil dan Inggris. Hanya saja dipastikan Airlangga, Indonesia memiliki nilai ekonomi manufaktur paling tinggi.

Meningkatnya nilai tambah industri manufaktur ini tak terlepas dari upaya pemerintah dalam menggalakkan perkembangan industri berbasis nilai tambah, tak lagi berbasis bahan mentah.

Ini menjadi peringkat tertinggi yang pernah dicapai Indonesia. Pada 1990, industri manufaktur Indonesia ada di peringkat 18, tahun 2000 ada di peringkat 15, tahun 2010 ada di peringkat 14, tahun 2015 ada di peringkat 11 dan di 2016 ada di peringkat 9.

"Bahkan dari 15 negara tertinggi, kalau dilihat dari presentase sektor manufaktur terhadap PDB, Indonesia ada di peringkat 4 dunia," ucap Airlangga.

Dari sisi presentase industri manufaktur terhadap PDB, Indoensia masih kalah jika dibandingkan dengan Korea Selatan yang memiliki presentase 29 persen, China 27 persen, dan Jerman 23 persen. Bahkan, jika dibandingkan negara ASEAN lainnya, Indonesia jauh meninggalkan yang lainnya yang bahkan tidak masuk 15 besar dunia. (Yas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.