Sukses

Terkuak, 5 Trik Restoran Biar Anda Habiskan Duit Lebih Banyak

Restoran ternyata memakai trik tersendiri yang tanpa sadar bisa membuat konsumen belanja dengan lebih banyak.

Liputan6.com, Jakarta - Makan di restoran jadi kegiatan yang banyak dilakukan masyarakat. Selain lebih praktis, berbagai makanan pun bisa Anda temukan sehingga pilihan yang diambil bisa lebih banyak.

Tapi tahukah Anda, restoran ternyata memakai trik tersendiri yang tanpa sadar bisa membuat konsumen memesan makanan  lebih banyak. Apa saja? Berikut ulasannya melansir Business Insider, Kamis (2/11/2017):

1. Memakai pencahayaan yang terang

Lampu fluorescent atau pencahayaan penuh mengirimkan pesan "ambil makanan dan pergi". Ini memungkinkan restoran meberi pengaruh pada konsumen untuk bisa makan lebih banyak namun tidak berada di restoran dalam waktu lama.

2. Menawarkan paket makanan

Trik lain yang digunakan oleh restoran adalah menawarkan paket makanan. Bagi konsumen, membeli paket justru membuat mereka lebih hemat. Padahal, dengan membeli paket ini konsumen justru membayar lebih banyak dibanding hanya membeli satu atau dua menu tunggal yang disediakan.

3. Memainkan musik hits

Penelitian dari Cornell University tahun 2012 mengungkap, musik pelan seperti jazz atau klasik membuat konsumen berada lebih lama dalam restoran dan makan lebih sedikit. Sebaliknya, restoran yang menawarkan musik up beat justru bisa menarik penjualan lebih banyak dengan waktu kunjungan yang lebih sedikit.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Menawarkan produk yang sama dengan ukuran yang berbeda

Kedai kopi starbucks menawarkan minuman dengan tiga ukuran. Namun pembeli justru lebih memilih membeli yang paling kecil karena harganya yang paling murah.

Padahal, ini hanya merupakan taktik yang digunakan oleh perusahaan untuk meraup untung lebih besar. Tahukah Anda, untung terbesar dari penjualan makanan berbeda ukuran ini justru terletak pada ukuran yang paling kecil.

5. Menggunakan parfum berbau makanan

Beberapa restoran ada yang sengaja menggunakan parfum dan stimultan bau makanan agar pengunjung yang datang makan dengan lebih banyak. Inilah mengapa ketika Anda berkunjung ke food court, restoran yang paling penuh adalah yang menawarkan bau makanan yang bisa dicium.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.