Sukses

Dekor Ulang Gedung Putih, Donald Trump Habiskan Rp 23 Miliar

Gaya hidup mewah Donald Trump nampaknya tetap melekat meski sudah menyandang jabatan sebagai Presiden AS.

Liputan6.com, New York - Gaya hidup mewah Donald Trump nampaknya tetap melekat meski sudah menyandang jabatan sebagai Presiden Amerika Serikat (AS). Berdasarkan catatan pemerintah yang dikutip oleh NBC, Rabu (1/11/2017), ayah dari Ivanka Trump ini telah menghabiskan uang US$ 1,75 juta atau Rp 23,7 miliar untuk merombak interior gedung putih.

Biaya yang besar tersebut digunakan untuk membeli perlengkapan interior. Beberapa barang yang dibeli antara lain karpet dengan desain custom senilai US$ 17 ribu, penyangga furnitur US$ 7.000, biaya wallpaper sebesar US$ 5.000 hingga US$ 12.800 untuk meja konferensi baru.

Usut punya usut, meja yang dipesan dengan desain khusus tersebut dibuat oleh perusahaan yang sama saat jabatan Presiden AS dijabat oleh Richard Nixon. Kala itu, membayar sendiri meja yang dipesannya.

Jika dibandingkan dengan pengeluaran Barack Obama, dana yang dikeluarkan Trump tidaklah terlalu besar. Dalam kurun waktu yang sama, Obama menghabiskan US$ 1,5 juta untuk mendekorasi ulang Gedung Putih.

Namun ada yang berbeda, dalam catatan tersebut disebutkan bahwa Obama membayar sebagian biaya dekorasi tersebut dengan uang pribadinya. Sementara pihak Trump saat ini masih menolak untuk berkomentar.

 

Bagian dalam Kantor Oval Gedung Putih yang baru direnovasi di Washington, Selasa (22/8). Renovasi interior dan eksterior rumah dinas Presiden AS Donald Trump itu memakan biaya hingga Rp 45 miliar. (AP Photo/Carolyn Kaster)

Renovasi tangga di teras Portico Selatan Gedung Putih, Washington yang baru saja rampung, Selasa (22/8). Renovasi interior dan eksterior rumah dinas Presiden AS Donald Trump itu memakan biaya hingga Rp 45 miliar. (AP Photo/Carolyn Kaster)

 

Ruang Roosevelt Gedung Putih yang baru direnovasi di Washington, Selasa (22/8). Renovasi interior dan eksterior rumah dinas Presiden AS Donald Trump itu memakan biaya hingga Rp 45 miliar. (AP Photo/Carolyn Kaster)

 

Setelah menjadi presiden, media internasional banyak memberitakan tentang anggaran biaya yang dipakai Trump dan keluarganya. Pada Bulan Agustus lalu misalnya, biaya keamanan Donald Trump banyak menjadi perbincangan.

Sejak awal masa kepresidenannya. Biaya perjalanan ke klub golf mewahnya di Florida diperkirakan mencapai US$ 3 juta. Selama tiga bulan memerintah, biaya perjalanannya ke Florida tercatat fantastis, yakni US$ 20 juta.

Publik juga dibuat terhenyak saat mengetahui bahwa tagihan hotel bagi agen Secret Service yang mengawal Eric Trump, putra Trump dari Ivana, selama melakukan perjalanan bisnis ke Uruguay mencapai angka US$ 100.000.

Putri kesayangan Trump, Ivanka dan suaminya Jared Kushner, juga mendapat perlindungan Secret Service saat mereka berlibur ke Colorado. Demikian pula dengan Tiffany, anak Trump dengan Marla Maples, yang mendapat pengawalan saat berlibur ke Jerman dan Hungaria.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini