Sukses

Mendag Yakin Harga Pangan Tak Naik Saat Natal dan Tahun Baru

Kemendag memperketat pengawasan terhadap distribusi dan stok bahan kebutuhan pokok dalam dua bulan terakhir tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah mulai melakukan pemantauan stok dan distribusi pangan jelang Natal dan Tahun Baru. Dengan persiapan ini diharapkan harga bahan kebutuhan pokok pada kedua momen tersebut stabil.

Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengatakan, pihaknya akan memperketat pengawasan terhadap distribusi dan stok bahan kebutuhan pokok dalam dua bulan terakhir tahun ini.

"Jadi jauh-jauh hari kita mempersiapkan dengan mengundang Kepala Dinas ini dari seluruh provinsi untuk memantau kesediaan stok, kemudian perkembangan harga. Walaupun kita mensyukuri dengan laju inflasi yg begitu rendah tapi kita menghadapi bulan November-Desember ini kita akan perketat pengawasannya," ujar dia di Kantor Kementerian Perdagangan (Kemendag), Jakarta, Kamis (2/11/2017).

Enggar mengungkapkan, Kemendag telah meminta agar Dinas Perdagangan di daerah aktif memantau pergerakan harga dan stok bahan kebutuhan pokok di daerahnya masing-masing.

Selain itu, Dinas Perdagangan bersama dengan Satuan Tugas (Satgas) Pangan di daerah juga diminta untuk menindak para pelaku usaha yang melakukan penimbunan.

"Jangan pernah ada dan kita biarkan permainan dari para spekulan yang menahan stok. Sebab itu akan merugikan masyarakat dan seperti yang berulang kali saya sampaikan, kami pasti akan tindak mereka yang mencoba berani bermain-main. Kita instrumen hukumnya sudah ada," ungkap dia.

Menurut Enggar, berdasarkan laporan, hingga saat ini pasokan dan harga bahan kebutuhan pokok relatif terjaga. Oleh sebab itu, dirinya optimis saat Natal dan Tahun Baru tidak akan terjadi kenaikan harga.

"Insya Allah (tidak ada kenaikan harga). Sampai saat ini dari laporan-laporan yang sudah masuk stoknya tidak ada masalah. Harga semua terkendali. Dan tinggal kita sekarang tetap memantau dan mengawasi itu semua," tandas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

1 Desember, Satgas Pangan Mulai Awasi Distribusi Bahan Pokok

Kementerian Perdagangan (Kemendag) bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Satuan Tugas (Satgas) Pangan dan pemerintah daerah (pemda) menggelar Rapat Koordinasi persiapan jelang perayaan Natal dan Tahun Baru. Melalui rapat ini diharapkan harga pangan pada kedua momen tersebut tetap terkendali.

Ketua Satgas Pangan Irjen Pol Setyo Wasisto mengatakan menghadapi Natal dan Tahun Baru, Satgas Pangan baik di tingkat pusat maupun daerah akan mulai bergerak mulai 1 Desember 2017. Satgas Pangan akan melakukan pengawasan distribusi ‎dan mengantisipasi potensi penimbunan bahan kebutuhan pokok.

"Tanggal 1 Desember sudah mulai perayaan Natal. Oleh sebab itu, kami mulai tanggal 1 Desember. Karena ini harus ada persiapan juga, Sattgas Pangan daerah. Kita harus lakukan arahan untukk rencana aksi ini. Kita mulai fokus bekerja 1 Desember 2017," ujar dia di Kantor Kemendag, Jakarta, Kamis (2/10/2017).

Setyo menjelaskan, hal pertama yang akan dilakukan Satgas Pangan yaitu melakukan koordinasi dengan berbagai pihak untuk menjaga pasokan dan stabilitas harga bahan kebutuhan pokok masyarakat.

"Koordinasi yang paling penting. Kita bersama-sama dengan melakukan tindakan preventif. Kemudian menjelaskan ke pelaku usaha maupun seluruh yang terkait dengan masalah pangan di daerah.‎ Saya mengharapkan Dinas Perdagangan dengan berkoordinasi dengann Satgas Pangan Daerah. Saya mendapatkan laporan di Lampung bagus, yang sudah bagus kita pertahankan," jelas dia.‎

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini