Sukses

Selesai Dibangun, Menteri Rini Minta Waskita Jual Tol Becakayu

Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol Bekasi-Cakung-Kampung Melayu (Becakayu) untuk Seksi 1B dan 1C (Cipinang - Jakasampurna) Jumat ini.

Liputan6.com, Jakarta - Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) untuk Seksi 1B dan 1C (Cipinang - Jakasampurna) dengan panjang 8,4 km siap beroperasi. Ruas tol ini telah diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat pagi ini dan akan disusul dengan syukuran pada malam harinya.

Dalam proyek ini, PT Waskita Karya (Persero) Tbk menjadi kontraktor sekaligus investor. Adapun pengoperasian Tol Becakayu sendiri akan dilakukan oleh PT Kresna Kusuma Dyandra Marga (KKDM).

Waskita Karya sendiri saat ini sebagai pemegang saham mayoritas KKDM dengan porsi mencapai 98 persen, sedangkan sisanya dimiliki oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menargetkan Tol Becakayu ini nantinya bisa rampung secara keseluruhan pada 2019 dengan total panjang dari Bekasi hingga Kampung Melayu mencapai 23,8 kilometer (km).

"Kalau sudah selesai selesai ruas mana saja, saya ingin dijual saja. Karena Waskita Karya membutuhkan pendanaan untuk menyelesaikan tol Trans Jawa," kata Rini di Bekasi, Jumat (3/11/2017).

Sementara itu, di kesempatan yang sama, Direktur Utama Waskita Karya M Choliq menegaskan pihaknya memang akan menjual setidaknya 10 ruas tol yang sahamnya dimiliki perusahaan.

Dari 10 ruas tol tersebut memang Tol Becakayu menjadi salah satu yang akan dijual. "Siapa saja boleh ambil, mau BUMN, swasta, asing, asalkan maharnya cocok, silakan," kata Choliq.

Saat ini, diungkapkan Choliq, banyak investor yang minat untuk mengambil alihnya. Selain BUMN lain dan swasta dalam negeri, ada juga perusahaan asal Australia dan Malaysia yang menyatakan minatnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi pakai mobil off-road

Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah meresmikan jalan Tol Bekasi-Cakung-Kampung Melayu (Becakayu) untuk Seksi 1B dan 1C (Cipinang - Jakasampurna), Jumat (3/11/2017). Tak mau ketinggalan, Jokowi pun mencoba menjajal tol yang sempat mangkrak 19 tahun ini.

Pantauan Liputan6.com, Jokowi yang menggunakan kemeja putih, akan menjajal tol dengan mengendarai mobil Land Rover, Defender Country keluaran 1989.

Dari beberapa mobil Jeep dan Land Rover yang terparkir di lokasi, ada satu mobil berpelat nomor R1 1 yang dipasangkan bendera merah putih.

Mobil tersebut akan dipakai Presiden Jokowi untuk menjajal Tol Becakayu sepanjang 8,26 km.

Dalam kesempatan ini, Jokowi didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Rini Soemarno, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendy, dan Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis.

Seperti diketahui, Tol Becakayu terdiri dari dua seksi, yaitu Seksi I (Kasablanka-Jaka Sampurna) dan Seksi II (Jaka Sampurna-Duren Jaya). Panjang Seksi I adalah 11 km, dan Seksi II 10,04 km.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.