Sukses

Ini Alasan Mengapa Harus Konsumsi Banyak Air di Kantor

Liputan6.com, Jakarta - Di mana biasanya Anda menghabiskan waktu dalam sehari? Tentu jawabannya ialah di kantor. Rata-rata orang akan menghabiskan sekitar 90 ribu jam di tempat kerja seumur hidupnya.

Beragam aktivitas dilakukan di kantor, seperti duduk seharian di depan komputer hingga menghadiri berbagai pertemuan-pertemuan penting.

Sebagian dari kita mungkin hanya fokus bekerja dan kurang memperhatikan kondisi kesehatannya, sehingga tak jarang orang-orang yang sering berkeja namun lalai menjaga kesehatan lebih sering sakit.

Dikutip dari Lifehack, salah satu masalah kesehatan yang paling umum di tempat kerja ialah dehidrasi. Ini dikarenakan para pekerja biasanya jarang mengonsumsi air mineral yang cukup dan lebih memilih mengonsumsi teh atau kopi.

 Dehidrasi: Pembunuh Diam-diam

Kita semua tahu bawa kita harus mengonsumsi air mineral yang cukup dalam sehari. Bagaimanapun, 60 persen tubuh kita terdiri dari air, termasuk otak manusia sendiri terdiri dari 75 persen air.

Air sangat berpengaruh dalam tubuh kita, seperti melumasi sendi dan mata, membuat kulit tetap sehat, memungkinkan pencernaan optimal, menghilangkan racun, dan mengoptimalkan energi yang dihasilkan melalui sel.

Kekurangan air dalam tubuh dapat menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi sendiri terkadang tidak dapat terasa jelas efeknya, berbeda dengan gangguan kesehatan lainnya yang lebih jelas, seperti punggung yang buruk dari duduk terlalu lama atau mata yang lelah karena menatap layar komputer dalam jangka waktu lama.

Dehidrasi jika dibiarkan dapat berbahaya. Ini dikarenakan dehidrasi dapat membuat ketidakseimbangan garam dan gula dalam tubuh yang dapat dengan cepat menyebabkan masalah kesehatan lainnya.

Oleh karena itu, jika Anda merasa sakit kepala atau merasa tidak enak badan, sebaiknya konsumsi air mineral yang cukup.

1 dari 3 halaman

Tanda-tanda Dehidrasi

Kita tidak selalu menyadari berapa banyak cairan yang telah hilang sepanjang hari dan pentingnya menggantikan cairan yang hilang itu.

Tahukah Anda bahwa berkeringat, sering buang air kecil, dan bahkan bernapas menggunakan cairan penting dalam tubuh kita. Sedangkan muntah, diare, mengonsumsi alkohol, atau olahraga yang berlebihan dapat menguras cairan tubuh lebih cepat.

Ada beberapa tanda dehidrasi ringan sampai sedang yang meliputi mulut kering, lelah, sedikit buang air kecil, sakit kepala, dan kurang konsentrasi.

Untuk dehidrasi berat bisa meliputi gejala seperti mudah tersinggung, bingung, haus yang sangat, detak jantung cepat, pernapasan cepat, dan tidak buang air kecil atau urin berwarna gelap.

Cara Menghindari Dehidrasi di Tempat Kerja

Kesadaran akan kemungkinan dampak buruk dari dehidrasi sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam bekerja. Ada beberapa cara efektif untuk mendorong kita dan para tenaga lain memiliki asupan air yang tetap tinggi, yaitu:

1. Menyiapkan cukup air di tempat kerja

2. Singkirkan minuman berenergi dan soda

3. Selalu membawa botol air

4. Mengonsumsi makanan yang mengandung air

5. Mengurangi konsumsi kopi dan teh

6. Selalu mengingat manfaat minum cukup air

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Selalu ingatlah untuk mengonsumsi air yang cukup karena beragam kelebihan yang ditawarkan seperti meningkatkan energi dan konsentrasi, mengurangi kelelahan, dapat menurunkan berat badan dengan cara diet sehat, dan membuang racun yang tidak diinginkan dalam tubuh.

Tak hanya itu, minum cukup air juga bisa memperbaiki kulit, menjaga pencernaan tetap teratur, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi sakit kepala, mencegah kram otot dan keseleo, serta membuat susasana hati Anda selalu baik.

Bila tubuh Anda berfungsi dengan optimal, Anda tentu akan merasa hebat dan dapat berkinerja lebih baik!

Artikel Selanjutnya
Tips Memiliki Kualitas Hidup Yang Lebih Baik dan Sukses
Artikel Selanjutnya
Mengapa Kopi dan Alkohol Bukan Jalan Keluar dari Depresi?