Sukses

Bisa Dilalui Besok, Tol Becakayu Gratis 2 Pekan

Tol Becakayu Cipinang-Jakasampurna sudah bisa dilalui

Liputan6.com, Jakarta Jalan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) Seksi 1B dan 1C yaitu mulai dari Cipinang - Jakasampurna dengan panjang 8,4 km sudah bisa dilalui, besok.

Sebagai tahap sosialisasi dan menunggu keputusan dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), jalan tol ini besok bisa dilalui secara gratis.

"Besok pukul 09.00 WIB sudah bisa dilalui, untuk sementara kita gratiskan. Mungkin akan gratis 2-3 minggu, nunggu BPJT," kata Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk M Choliq saat ditemui usai peresmian tol tersebut di Bekasi, Jumat (3/11/2017).

Jalan tol Becakayu yang dibangun dan dioperasikan oleh PT Kresna Kusuma Dyandra Marga (KKDM). Saham KKDM ini dimiliki oleh PT Waskita Toll Road sebesar 98,97 persen dan PT Jasa Marga Tbk sebesar 1,03 persen.

Sementara mengenai Tarif, Choliq mengaku masih belum mengatakan berapa besarannya mengingat hal ini masih menunggu Surat Keputusan (SK) dari Menteri PUPR.

Namun, dirinya memberi ancer-ancer bahwa untuk Cipinang-Jakasampurna ini akan berada di atas Rp 10 ribu untuk Golongan 1.

"Tapi pastinya nanti menunggu keputusan yang sampai saat ini masih dirumuskan di BPTJ," tegasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bekasi-Kampung Melayu 30 Menit

Sementara itu, Direktur Utama KKDM, Herwidiakto menyebutkan, pembangunan jalan tol Becakayu ini sebagai bagian dari komitmen pemerintah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan tingkat aktivitas yang semakin tinggi.

“Setelah sekian lama terkendala, tol Becakayu bulan ini resmi akan dioperasikan, ini sebagai jawaban atas kebutuhan yang mendesak untuk memperlancar laju Bekasi-Jakarta yang selama ini selalu identik dengan kemacetan,” ujar Herwidiakto.

Dia menambahkan, kehadiran tol Becakayu akan menambah kapasitas dan pilihan para pengguna jalan, serta membuat jarak tempuh perjalanan menjadi jauh lebih cepat.

Apabila selama ini waktu tempuh dari Kota Bekasi yang menuju Jakarta sekitar 2 jam perjalanan, dengan dioperasikannya Tol Becakayu, diperkirakan akan mempersingkat waktu tempuh sekitar 1,5 jam perjalanan.

"Dari Bekasi ke Kampung Melayu (Jakarta Timur) diperkirakan bisa ditempuh dalam waktu 30 menit," tambah dia.

Sejak PT Waskita Toll Road mengakuisisi KKDM pada tahun 2014, ruas Becakayu mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Dengan jalan layang (elevated) yang membentang dari wilayah Tambun – Bekasi sampai dengan wilayah Kampung Melayu bagian timur Kota Jakarta sepanjang 23,76 km, Tol Becakayu menjadi jawaban atas kebutuhan masyarakat atas permasalahan arus serta volume lalu lintas yang semakin padat dan berdampak pada waktu tempuh (travel time) yang semakin lama.

Tol Becakayu dibangun dan diperasikan secara bertahap, yaitu Seksi I sepanjang 11,9 km, Seksi II sepanjang 4,1, dan Seksi III sepanjang 7,8 km. (Yas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.