Sukses

Pemerintah Lakukan Studi KEK Jawa Barat

Luhut menambahkan, pembangunan KEK di tiga wilayah di Jawa Barat tersebut akan memberikan kemudahan pada investor agar mereka lebih efisien.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengaku saat ini dirinya sedang fokus memikirkan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Bekasi, Karawang, dan Purwakarta.

"Saya lagi sibuk mengurusi Kawasan Ekonomi Khusus. Lagi distudi dengan baik oleh Pak Ridwan sebagai ketua. Dalam dua minggu ke depan nanti kita lihat mana konsep yang terbaik," kata Luhut ditemui usai memberi kuliah umum di Universitas Padjadjaran, Jumat 3 November 2017.

Luhut menambahkan, pembangunan KEK di tiga wilayah di Jawa Barat tersebut akan memberikan kemudahan pada investor agar mereka lebih efisien bekerja.

"Jadi nilai tambahnya buat kita bagus," ujarnya.

Dia juga memastikan tak ada insentif fiskal bagi proyek swasta yang nantinya masuk KEK. Pemerintah hanya memberikan kemudahan perizinan. "Mereka juga tidak meminta ada fiskal insentif," ujarnya.

Sebelumnya, Luhut menyebutkan, penetapan kawasan industri wilayah Jawa Barat tersebut terkait kajian pengembangan pusat ekonomi dunia dan Asia Tenggara sekaligus rencana jangka panjang dalam pengembangan Megapolitan Jakarta-Bandung pada 2045 mendatang.

(Huyogo Simbolon)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.