Sukses

BRI Luncurkan Uang Elektronik Seri Asian Games, Seperti Apa?

Sampai Agustus 2018, Bank BRI akan menerbitkan 2 juta kartu seri Asian Games.

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Bank BRI) merilis 5 desain terbaru uang elektronik atau Brizzi. Kehadiran 5 kartu ini bertujuan mendukung perhelatan akbar Asian Games tahun 2018.

Berbeda dengan yang sebelumnya, Brizzi yang dirilis kali ini lebih kaya warna. Di dalamnya, terdapat berbagai gambar binatang yang menjadi maskot Asian Games.

"BRI akan menjadi bagian keriaan acara tersebut," kata Direktur Konsumer Bank BRI Handayani saat peluncuran kartu, di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, Jumat (3/11/2017).

Handayani mengatakan, keberadaan kartu tersebut merupakan bagian untuk mendorong transaksi nontunai. Pemilik kartu ini nantinya akan mendapatkan kemudahan baik sebelum maupun saat perhelatan Asian Games.

"Akan digunakan untuk kartu akses kepada setiap acara selama Asian Games. Dan sebelum Asian Games akan banyak manfaatnya, bisa dipakai belanja, untuk dapat diskon, untuk transaksi atau masuk tol, banyak hadiahnya juga," jelas dia.

Kartu-kartu ini bisa dibeli di outlet-outlet BRI. Kemudian, bisa dijumpai di gerai-gerai ritel seperti Alfamart, Alfamidi, Lawson, dan lain sebagainya.

Handayani mengatakan, hingga Agustus 2018, Bank BRI akan menerbitkan 2 juta kartu seri Asian Games. Penerbitan kartu akan dilakukan secara bertahap.

Dia menambahkan, jumlah Brizzi beredar saat ini sekitar 7,8 juta. Tahun depan, Bank BRI akan meningkatkan jumlah kartu hingga 12 juta.

Selain 5 desain pada uang elektronik ini, Bank BRI juga akan menerbitkan desain khusus Asian Games pada kartu debit dan kartu kredit.

"Ini ada 5 series desain yang kita luncurkan kali ini. Nanti akan diikuti beberapa series lagi ygan menggunakan ikonik olahraga. Kemudian meluncurkan kartu debit seri Asian Games dan juga kartu kredit," tutup dia.

Tonton Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sponsori Asian Games 2018, 6 Perusahaan BUMN Kucurkan Rp 500 M

Enam badan usaha milik negara (BUMN) resmi menandatangani kerja sama sponsorship untuk Asian Games 2018. Kerja sama itu, menurut Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla (JK), nilainya mencapai Rp 500 miliar.

Dalam kesempatan itu, JK berterima kasih atas kesediaan BUMN membantu kelangsungan Asian Games 2018. JK meyakini kerja sama sponsorship kali ini akan bermanfaat bagi semua pihak.

Selain disaksikan JK, penandatanganan kerja sama itu juga dihadiri Menko PMK Puan Maharani, Ketua Pelaksana Inasgoc Erick Thohir, Dirut PT Telekomunikasi Indonesia Alex J Sinaga, Dirut PT Telekomunikasi Seluler Indonesia Ririek Andriansyah, Dirut PT BNI Achmad Baiquni, Dirut BRI Suprajarto, Wakil Dirut PT Bank Mandiri Sulaiman A Arianto, dan Dirut PT Pertamina Elia Massa Manik.

"Saya berterima kasih tadi total ditandatangani kurang lebih Rp 500 miliar. Suatu jumlah yang cukup besar dewasa ini, terima kasih sekali lagi kepada BUMN," ucap Wapres JK di kantornya, Jakarta, Kamis (25/10/2017).

Sementara itu, Erick Thohir, mengungkapkan bahwa enam perusahaan BUMN tersebut akan menjadi sponsor utama Asian Games 2018. Hal itu menurut Erick akan membuat enam perusahaan itu semakin ternama di Asia.

"Diharapkan tentu dengan kerja sama sponsor ini kami, Inasgoc bisa membantu juga penetrasi produk-produk BUMN kepada masyarakat ataupun negara-negara di Asia," jelas Erick.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.