Sukses

Tahun Depan, Sebaran Uang Elektronik BRI Sampai 12 Juta Kartu

Salah satu upaya BRI mendorong sebaran uang elektronik dengan menerbitkan lima desain baru Brizzi.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) akan menggenjot sebaran uang elektronik. Sampai akhir tahun 2018, sebaran uang elektronik (e-money) BRI yang diberi nama Brizzi, ditargetkan bisa mencapai 12 juta kartu.

Direktur Konsumer Bank BRI Handayani mengatakan, hingga saat ini, sebaran kartu Brizzi mencapai 7,8 juta. Artinya dalam waktu satu tahun BRI harus menyebar kurang lebih 4,2 juta kartu lagi.

Dia mengatakan, perseroan memang terus mendorong transaksi nontunai. "Jadi kita ini e-wallet, e-money sedang digalakkan untuk mengubah cash transaksi menjadi cashless. Makanya kami buat desain menarik dari kartu Brizzi, jadi orang lebih suka pakai kartu itu," kata dia, seperti ditulis di Jakarta, Sabtu (4/11/2017).

Salah satu upaya mendorong sebaran uang elektronik, kata dia, dengan menerbitkan lima desain baru Brizzi. Desain baru tersebut juga sebagai upaya perseroan mendukung Asian Games 2018.

Adapun lima desain terbaru Brizzi memiliki warna yang lebih kaya. Selain itu, kartu tersebut diramaikan dengan maskot Asian Games, yakni Bhin-bhin (Burung Cendrawasih), Atung (Rusa Bawean), Ika (Badak Bercula Satu).

Handayani mengatakan, perseroan akan menerbitkan 2 juta kartu untuk seri Asian Games ini. Sebagai tahap awal, kartu yang akan disebar sebanyak 25-30 ribu kartu hingga akhir 2017.

"Kita sampai bulan delapan tahun depan kita bisa issue seri Asian Games 2 juta kartu," ujar dia.

Handayani juga mengatakan, kartu Asian Games bisa didapatkan di outlet-outlet BRI. Pihaknya juga akan mengenalkan kartu ini di acara-acara lain. Selain itu, kartu ini juga akan didistribusikan melalui ritel, seperti Alfamart, Alfamidi, dan Lawson.

Akan tetapi, Handayani menyadari, penyebaran uang elektronik juga menantang. Terutama, terkait ketersediaan fasilitas isi ulang saldo (top up). Sebab itu, perseroan terus berupaya mempermudah layanan top up tersebut.

"Sekarang ATM, EDC, Alfamart. Nanti bisa di mobile," tukas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kaya warna

Untuk diketahui, BRI merilis lima desain terbaru uang elektronik atau Brizzi. Kehadiran lima kartu ini bertujuan mendukung perhelatan akbar Asian Games tahun 2018.

Berbeda dengan yang sebelumnya, Brizzi yang dirilis kali ini lebih kaya warna. Di dalamnya terdapat berbagai gambar binatang yang menjadi maskot Asian Games.

"BRI akan menjadi bagian keriaan acara tersebut," kata Direktur Konsumer Bank BRI Handayani.

Keberadaan kartu tersebut merupakan bagian untuk mendorong transaksi nontunai. Pemilik kartu ini nantinya akan mendapatkan kemudahan baik sebelum maupun saat perhelatan Asian Games.

"Akan digunakan untuk kartu akses kepada setiap acara selama Asian Games. Dan sebelum Asian Games akan banyak manfaatnya, bisa dipakai belanja, untuk dapat diskon, untuk transaksi atau masuk tol, banyak hadiahnya juga," jelas dia.

Kartu-kartu ini bisa dibeli di outlet-outlet BRI. Kemudian, bisa dijumpai di gerai-gerai ritel, seperti Alfamart, Alfamidi, Lawson, dan lain sebagainya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.