Sukses

Tips Kelola Keuangan Bagi Pelajar

Memiliki kartu kredit sama saja dengan membuat beban utang apabila Anda tidak dapat menggunakannya secara tepat.

Liputan6.com, Jakarta - Biasanya para pelajar atau mahasiswa memiliki uang yang terbatas. Karena kebanyakan uang bulanan yang didapat bersumber dari orangtua.

Bagi pelajar yang ingin mendapatkan uang tambahan, menabung dan bekerja paruh waktu adalah cara efektif agar bisa memiliki penghasilan sendiri saat masih berstatus pelajar.

Berikut cara mengelola keuangan untuk pelajar seperti dikutip dari Laruno, Minggu (4/11/2017):

1. Hindari kartu kredit

Memiliki kartu kredit sama saja dengan membuat beban utang apabila Anda tidak dapat menggunakannya secara tepat. Jika terbiasa menggunakannya, tinggalkan kebiasaan tersebut sekarang.

Beralihlah membayar dengan uang tunai. Hal ini sangat efektif untuk membantu membatasi pengeluaran bulanan.

2. Berhemat

Selain itu, berhemat juga perlu dilakukan dengan cara mengurangi jajan di luar, akan lebih baik jika bisa masak sendiri atau untuk yang kos dan tidak sempat memasak, pilihan katering bulanan juga merupakan ide bagus, tentu saja dengan tetap membandingkan harga sebelumnya.

3. Catat setiap pengeluaran

Kelihatannya agak berlebihan, tetapi dengan teratur menulis setiap pengeluaran yang telah dikeluarkan, akan membantu Anda untuk mengetahui pengeluaran yang Anda keluarkan dan bisa lebih mengontrol keuangan Anda.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Membandingkan

4. Selalu bandingkan tarif

Entah itu untuk uang kos bagi yang berada di luar kota, paket data telepon, atau ongkos transportasi. Biasakanlah untuk selalu cek harga sebelum menggunakan hal-hal di atas.

Biasanya beda tempat harga yang ditawarkan juga berbeda. Siapa tahu kamu dapat harga lebih murah sehingga lebih hemat untuk pengeluaran bulanan.

5. Menabung

Biasakan menabung, pastinya ini diketahui sangat berguna jika butuh dana di saat darurat. Sisihkan sebagian uang saku yang diberikan orang tua ke dalam tabungan.

Berikut adalah cara pelajar mengelola keuangannya. Mulai belajar mengelola keuangan saat masih muda bukanlah hal yang salah. Semoga bermanfaat

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.