Sukses

Identifikasi Tren Bisnis dengan 3 Cara Ini

Perhatikanlah berita, percakapan, komentar dan informasi-informasi lainnya yang menunjukan tren saat ini.

Liputan6.com, Jakarta - Mengidentifikasi tren bisnis secara akurat dapat membantu Anda dalam analisa bisnis, mengurangi ketidakpastian, dan melihat kesempatan baru.

Tren bisnis yang sedang berlangsung di pasar bisa juga diibaratkan sebagai arah mata angin dan tolak ukur apa, bagaimana dan kapan produk kita bisa dipasarkan.

Apabila salah melihat tren, besar kemungkinan produk kita akan gagal diterima oleh pasar. Identifikasi tren bisnis yang tepat dapat membantu bisnis Anda terus berkembang dan tetap dibutuhkan konsumen.

Di bawah ini adalah cara-cara mengidentifikasi tren bisnis yang dapat Anda coba praktekan, seperti dikutip dari Laruno, Minggu (5/11/2017):

1. Perbanyak membaca dan mengamati media informasi

Dalam era sosial media yang berkembang pesat saat ini, segala jenis informasi bisa Anda dapatkan atau sebarkan melalui sosial media, termasuk tren bisnis yang sedang berkembang.

Perhatikanlah berita, percakapan, komentar dan informasi-informasi lainnya yang menunjukan tren saat ini.

Dengan sering melakukan hal tersebut, kemampuan Anda dalam mengamati akan semakin terasah.

2. Bergabung dalam komunitas-komunitas bisnis

Di dalam komunitas bisnis, Anda dapat terlibat langsung dan saling berbagi informasi terkini.

Informasi yang didapatkan dari komunitas juga cenderung fokus berkaitan dengan komunitas tersebut. Sehingga Anda cukup terbantu dalam memilah informasi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dengar kritikan

3. Dengarkanlah dengan baik kritikan

Kegiatan ini menjadi bahan penting dalam mengidentifikasi tren bisnis saat ini, yaitu dari mengetahui apa yang sebenarnya konsumen sukai dan apa yang tidak disukai.

Berikanlah feedback yang bijak atas masukan-masukan dari konsumen tersebut. Karena konsumen adalah raja, maka jangan sepelekan pendapat seorang raja.

Semua data-data yang Anda dapatkan diatas harus dikelola. Hasilnya akan menentukan tren bisnis apa yang sedang berkembang, lalu memutuskan inovasi seperti apa yang akan dijalankan agar dapat menyesuaikan tren tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.