Sukses

Menhub Saksikan Uji Kir 100 Taksi Online

Kir adalah satu kewajiban dari kendaraan komersial yang akan melakukan operasional.

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 100 mitra-pengemudi Uber yang tergabung dalam Koperasi Jasa Trans Usaha Bersama (KJTUB) menjalani uji Kir di Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor Pulogadung pada Minggu (5/11/2017).

Kegiatan tersebut merupakan bagian komitmen terhadap keamanan dan keselamatan perjalanan bagi mitra-pengemudi maupun penumpang aplikasi Uber.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bersama Direktur Jenderal Perhubungan Darat Irjen Pol Budi Setiadi, dan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansyah, yang meninjau pelaksanaan pengujian tersebut mengapresiasi langkah tersebut.

"Saya mengapresiasi apa yang dilakukan oleh DKI dengan satu peralatan yang baik, canggih. Bahkan hari minggu pun masuk, dan mengapresiasi kemarin saya diajak Uber ke sini, dan selain Uber, juga ada beberapa yang lain ikut ke sini," kata Menhub di Jakata.

Dia menjelaskan, Kir adalah satu kewajiban dari kendaraan komersial yang akan melakukan operasional. Selain itu, Kir juga menjadi bagian yang harus dipenuhi operator kendaraan karena ini berkaitan dengan keamanan.

"Oleh karenanya, dalam kesempatan ini, sudah dilakukan baik oleh Uber dan Pemerintah DKI. Saya dengar Grab juga mau, sudah melakukan banyak, saya himbau juga Grab harus ikut. Selain itu juga taksi-taksi konvensional yang lain diharuskan," tegas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanggapan Uber

Head of Public Policy and Government Affairs, Indonesia, Uber, John Colombo mengatakan, aktivitas ini merupakan lanjutan dari kegiatan-kegiatan uji KIR yang difasilitasi koperasi mitra operator transportasi sejak Juni 2016.

Menurutnya, Uber dan koperasi-koperasi yang bekerja sama sebagai mitra operator transportasi mendorong para mitra untuk mengikuti uji KIR di tempat-tempat pengujian yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Dukungan tersebut diberikan melalui Koperasi, antara lain berupa menangani biaya uji KIR dan mengalokasikan sumber daya manusia untuk membantu proses administrasi.

“Keamanan dan keselamatan merupakan elemen penting yang senantiasa kami berikan kepada para penumpang ketika mereka berada dalam perjalanan bersama Uber. Untuk itu, kami hari ini sangat senang karena para mitra pengemudi kami telah datang ke lokasi uji KIR di Pulogadung," ujar John Colombo.

Dia menegaskan, Uber berkomitmen untuk bekerja sama dengan pemerintah, khususnya Kementerian Perhubungan agar ridesharing seperti Uber dapat terintegrasi sepenuhnya ke dalam ekosistem transportasi publik dan memberikan manfaat penuh di Indonesia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini