Sukses

Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III Diramal Naik Tipis

Badan Pusat Statistik (BPS) hari ini akan mengumumkan laju pertumbuhan ekonomi Indonesia pada Kuartal III 2017.

Liputan6.com, Jakarta Badan Pusat Statistik (BPS) hari ini akan mengumumkan laju pertumbuhan ekonomi Indonesia pada Kuartal III 2017. Diperkirakan, pertumbuhan ekonomi hingga akhir September naik tipis.

Direktur Eksekutif Economic Action Indonesia (EconAct) Ronny P Sasmita mengatakan dalam pertumbuhan ekonomi kali ini, konsumsi rumah tangga masih sebagai penyumbang terbesar PDB.

Dia melihat, konsumsi rumah tangga berpotensi tumbuh sempit di kisaran 4,96-5,0 persen YoY, lebih tinggi dari kuartal sebelumnya yang sebesar 4,95 persen YoY.

"Hal tersebut bisa dilihat dari peningkatan pertumbuhan penjualan mobil penumpang, peningkatan impor barang konsumsi serta perbaikan penjualan ritel," kata Ronny kepada Liputan6.com, Senin (6/11/2017).

Sementara konsumsi pemerintah diperkirakan tumbuh 2-3 persen YoY, didukung oleh realisasi penyerapan belanja barang, bantuan sosial, dan belanja pegawai yang meningkat dibandingkan kuartal sebelumnya.

Sedangkan Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) atau investasi diperkirakan tumbuh 5,3-5,4 persen YoY dan ekspor yang diperkirakan tumbuh 5-6 persen YoY.

"Jadi secara keseluruhan PDB kuartal ketiga saya perkirakan perkirakan hanya ada di sekitar 5,06-5,1 persen YoY," ucap dia.

Dikatakan Ronny, dari sisi sektoral, sektor pertanian, manufaktur, dan perdagangan diperkirakan masih menjadi pendorong utama. (Yas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.