Sukses

Bawang Putih Turun, Ini Daftar Harga Sayur Mayur Awal Pekan Ini

Awal pekan di minggu kedua bulan November, harga sejumlah bahan pangan di pasar cukup bervariatif.

Liputan6.com, Jakarta Awal pekan di minggu kedua bulan November, harga sejumlah bahan pangan di pasar cukup bervariatif. Ada yang mengalami kenaikan dan ada yang turun drastis.

Dari hasil pantauan Liputan6.com di Pasar Mampang, Jakarta Selatan, setidaknya komoditas bawang putih menjadi salah satu yang mengalami penurunan drastis. Salah satu pedagang, Rahmi (42), mengaku pemurunan harga bawang putih ini baru terjadi akhir pekan lalu.

"Harga bawang putih turun banyak, turunnya Rp 6.000 per kilonya, jadi sekarang harganya hanya Rp 20 ribu per kilo," kata dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin (6/11/2017).

Dia sendiri memperkirakan anjloknya harga bawang putih itu dikarenakan melimpahnya pasokan untuk saat ini. Biasanya, bawang putih dijual rata-rata di harga Rp 25 ribu-28 ribu per kg.

Sementara untuk bawang merah, di Pasar Mampang dijual dengan harga tetap di Rp 36 ribu per kg.

Untuk komoditas cabai, beberapa jenis cabai mengalami kenaikan, namun juga ada yang harganya tetap bahkan turun.

Seperti cabai rawit hijau saat ini harganya tetap di Rp 26 ribu per kg dan cabai merah besar juga tetap di harga Rp 36 ribu per kg.

Kenaikan terjadi di jenis cabai merah keriting yang kini dijual Rp 36 ribu per kg atau naik Rp 2.000 per kg. Sedangkan penurunan terjadi untuk jenis cabai rawit merah yang turun Rp 2.000 per kg menjadi Rp 26 ribu per kg.

"Semoga harga-harga tidak naik drastis di akhir tahun, karena biasanya kan gitu, seperti mendekati Lebaran," ucap pedagang lainnya, Hartini (45).

Untuk beras kualitas medium, kini dijual dengan harga Rp 10 ribu per kg dan beras kualitas premium dijual dengan harga Rp 12 ribu per kg. Minyak goreng, di Pasar Mampang dijual dengan harga Rp 13 ribu per kg, tepung terigu Rp 8.000 per kg dan gula pasir Rp 14 ribu per kg.

Sementara untuk telur ayam, kini dibanderol Rp 23 ribu per kg, daging ayam dijual dengan harga Rp 36 ribu per ekor dan daging sapi Rp 120 ribu per kg. (Yas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini