Sukses

7 Tips Jitu Atur Duit Biar Cepat Kaya

Liputan6.com, Jakarta - Menabung dan berinvestasi merupakan suatu hal penting yang harus Anda lakukan dalam hidup Anda. Mengapa? Ini dikarenakan dengan menabung dan berinvestasi, Anda akan memiliki uang yang cukup bahkan lebih untuk ke depannya.

Namun, jika kurang ilmu mengenai cara menabung dan berinvestasi yang tepat, bisa-bisa membuat bingung sendiri dan akhirnya akan merepotkan Anda.

Lalu, sebenarnya bagaimana cara menabung dan berinvestasi yang tepat? Melansir laman successstory.com, Selasa (7/11/2017), berikut tujuh tips untuk menabung dan berinvestasi dengan uang Anda biar cepat kaya:

1. Sisihkan Uang dari Gaji Anda

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyisihkan uang yang rutin Anda dapatkan setiap bulannya. Jika Anda mendapat gaji secara tidak langsung seperti melalui bank, maka sisihkanlah saldo yang ada di bank Anda. Namun, jika Anda mendapat gaji secara langsung, ambil sedikit uang dari gaji Anda untuk Anda simpan sendiri.

2. Selalu Bersiap untuk Keadaan Darurat

Anda pasti tidak ingin ketika sedang menabung dan berinvestasi, ada hal tak terduga yang terjadi dan membuat Anda ingin mengambil sebagian uang yang Anda tabung dan investasi.

Maka dari itu, selain menyisihkan uang, Anda juga harus menyiapkan uang untuk keadaan darurat. Walaupun jika nantinya tidak terpakai, uang tersebut bisa menjadi tambahan tabungan untuk Anda.

1 dari 3 halaman

Selanjutnya

3. Membatasi Penggunaan Uang yang Berlebihan

Saat ini telah banyak cara untuk bertransaksi, baik fisik maupun non fisik. Transaksi non fisik seperti kartu kredit, debit, online banking membuat Anda menjadi pribadi yang boros. Karena dengan mudahnya bertransaksi membuat Anda selalu ingin mengeluarkan uang untuk hal yang belum tentu Anda butuhkan.

Untuk itu, selalulah bertransaksi dengan uang fisik. Selain tidak kena biaya dari bank, Anda juga dapat mengontrol pengeluaran yang Anda keluarkan dari dompet Anda sendiri.

4. Selalu Mencatat Pengeluaran Anda

Dengan mencatat pengeluaran, Anda akan selalu tahu kemana uang yang Anda keluarkan selama ini. Banyak aplikasi yang dapat mencatat dan menghitung pengeluaran, namun Anda juga dapat mencatat dan menghitungnya secara tulisan.

5. Amankan Kebutuhan Pokok Sebelum Berinvestasi

Hal ini juga sangatlah penting ketika Anda ingin berinvestasi. Tentunya Anda tidak ingin uang yang Anda investasikan ternyata terlalu banyak dan membuat Anda kesulitan untuk kebutuhan sehari-hari Anda. Oleh karena itu, lakukan kebutuhan pokok terlebih dahulu sebelum Anda berinvestasi.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

6. Berkonsultasi dengan Ahli Keuangan Profesional

Jika Anda merasa masih belum dapat menabung dan berinvestasi, maka konsultasikanlah dengan ahli keuangan yang profesional. Seorang ahli keuangan yang profesional tentunya dapat memberikan solusi yang sangat baik untuk Anda.

7. Pertahankan Kebiasaan Menabung

Setelah Anda terbiasa untuk menabung dan berinvestasi, maka pertahankanlah kebiasaan tersebut untuk ke depannya.

Artikel Selanjutnya
Banyak Nabung Enggak Bikin Kaya, Begini Seharusnya
Artikel Selanjutnya
Bukan Hemat, Ini Tandanya Jika Anda Seorang yang Pelit