Sukses

Gaji Naik, Pengeluaran Ikut Bertambah? Lakukan 5 Siasat Ini

Liputan6.com, Jakarta - Wajar, sih, sebenarnya kalau kamu ingin membahagiakan diri serta menghadiahi dirimu sendiri atas kerja keras yang sudah kamu lakukan. Cuma, kalau enggak ada remnya, kebiasaan tersebut akan membuatmu susah sendiri nantinya.

Kenapa? Karena kalau keinginan semacam itu terus-terusan dituruti, selama uang kamu belum habis, kebiasaan itu juga enggak akan habis. Kamu pasti punya deh teman yang begitu. Gajinya di atas rata-rata, tapi enggak bisa nabung. Atau, bahkan itu kamu sendiri?

Nah, untuk menjaga gaji enggak cepat musnah, berikut ada beberapa kebiasaan yang bisa kamu lakukan seperti dikutip dari Swara Tunaiku:

1. Segera lunasi utang!

Kedengarannya memang agak aneh. Bukannya kalau dipakai buat bayar utang, gajinya jadi makin cepat habis? Iya betul sih. Tapi, semakin cepat kamu melunasi utangmu, semakin cepat juga kamu bisa mengamankan uangmu di masa mendatang. Makin cepat dilunasi, makin kecil juga jumlah bunga yang perlu kamu bayarkan.

Kalau kamu memiliki beberapa utang, prioritaskan membayar utang yang bunganya paling besar. Kalau kamu pernah meminjam uang dari saudara, sahabat, atau rekan kerja, jangan lupa juga untuk melunasinya.

Kamu enggak mau kan hubungan kamu dengan orang terdekatmu jadi renggang karena masalah utang?

2. Siapkan pos-pos keuangan

Kebiasaan yang satu ini juga enggak kalah pentingnya. Kalau gajimu naik, mulailah berpikir untuk menabung dana pensiun. Misalnya, lewat Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) yang sekarang tersedia di bank-bank maupun perusahaan asuransi jiwa.

Dana pendidikan anak itu jangan sampai enggak disiapkan. Biaya sekolah dan kuliah itu akan terus naik setiap tahunnya.

1 dari 3 halaman

Selanjutnya

3. Pertahankan gaya hidup

Biasanya, gaji naik, gaya hidup juga ikut naik. Hal yang seperti ini harus benar-benar kamu hindari. Jangan karena gaji kamu naik terus enggak bisa lagi makan di warteg. Membeli barang yang kamu inginkan enggak masalah sesekali, tapi jangan sampai anggaran kamu jebol.

Pertahankan gaya hidup dan pengeluaran bulananmu sebelum naik gaji. Tak harus beli kendaraan baru kalau yang lama masih layak pakai. Enggak perlu setiap hari ke restoran kalau biasanya makan di warteg pun enggak masalah. Masih banyak cara untuk memanfaatkan uangmu.

4. Berinvestasi

Tentunya setiap orang ingin uangnya bisa bertambah banyak tanpa perlu bekerja tambahan. Hal itu bisa sebenarnya dilakukan. Yang pasti hal itu enggak mungkin terjadi kalau kamu menghabiskan uangnya untuk hal yang konsumtif.

Kalau kamu ingin uangmu tambah banyak tanpa bekerja, mulailah berinvestasi. Carilah investasi yang cocok denganmu.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

5. Sediakan dana darurat

Yang ini sepertinya enggak begitu dipikirin oleh orang kebanyakan, apalagi kalau masih sendiri, belum ada tanggungan. Bukannya ingin menakut-nakuti, tapi kan kamu enggak tau kapan musibah menghampiri hidupmu.

Tiba-tiba kendaraan kamu rusak dan butuh biaya perbaikan, bagaimana? Lain waktu ponselmu yang rusak dan harus ganti baru, bagaimana? Kalau itu masih biasa saja menurut kamu, bagaimana kalau tiba-tiba kamu di-PHK dari pekerjaan?

Daripada kelabakan cari tempat berutang, ada baiknya kamu memulai menyiapkan dana darurat dari sekarang. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Itu beberapa tips yang kamu bisa terapkan ketika menerima kenaikan gaji.

Kamu punya tips lain yang kira-kira berguna juga? Bagikan diĀ  kolom komentar, ya, siapa tahu berguna juga bagi yang lain.

Artikel Selanjutnya
Kenali Tanda-Tanda Keuangan Anda Berantakan
Artikel Selanjutnya
Begini Caranya agar Keuangan Anda Aman Terkendali