Sukses

10 Hal Penting Ketika Punya Kartu Kredit Pertama Kali

Sebelum mengaktifkan kartu kredit yang sudah Anda terima, ada baiknya memahami hal-hal berikut agar tidak merasa dirugikan di kemudian hari.

Liputan6.com, Jakarta - Kartu kredit dianggap cukup membantu dan memudahkan berbagai pihak dalam bertransaksi. Namun, beberapa orang juga ada yang kerepotan sama kartu kredit karena tidak tahu cara mengelola penggunaannya dengan baik dan benar.

Sebelum mengaktifkan kartu kredit yang sudah Anda terima, ada baiknya memahami hal-hal berikut agar tidak merasa dirugikan di kemudian hari seperti dikutip dari Swara Tunaiku:

1. Memengaruhi riwayat keuangan

Dikutip, kalau Anda nasabah yang bersih dari tunggakan meskipun rutin menggunakan kartu kredit, riwayat keuangan Anda di bank akan baik. Sebaliknya, jika pembayaran selalu menunggak bahkan sampai tidak terbayar, akan sulit bagi Anda untuk bertransaksi selanjutnya.

2. Jenis kartu kredit, “aman” dan “tidak aman”

Kartu kredit terbagi menjadi dua jenis, kartu kredit yang biasa dan “secured”. Pada kartu kredit “secured” sudah ada nominal tertentu yang dijadikan deposito. Sehingga ada jaminan sekiranya nasabah tidak membayar sesuai perjanjian. Sebaiknya yang baru menggunakan kartu kredit memilih jenis ini agar lebih aman.

3. Keuntungan pemegang kartu

Seringkali kartu kredit menawarkan hadiah voucher belanja atau potongan pada transaksi lainnya. Sebagai pengguna, Anda punya hak untuk mendapat benefit tersebut. Hanya saja tidak semua info diberikan langsung, maka harus rajin membaca promo atau informasi yang biasanya disampaikan via pesan singkat/email.

4. Berhati-hati dengan bunga

Meminjam uang dari kartu kredit ataupun membeli barang cicilan dengan bunga tertentu akan menambah besar tunggakan tagihan. Oleh karena itu, perhatikan selalu besaran bungan yang ditetapkan tiap transaksi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

5. Bayar sesuai tagihan

Akan jauh lebih merepotkan di kemudian hari jika anda hanya membayar minimum payment di tagihan setiap bulan. Sementara pengeluaran terus meningkat dan tagihan yang dibayarkan seminim mungkin, maka utang pun akan terus membengkak.

6. Berbahaya bagi anak muda

Terutama bagi yang masih belum punya penghasilan sendiri, memegang kartu kredit bisa jadi masalah besar. Rutinitas pergi ke tempat hiburan atau pusat perbelanjaan biasanya jadi lokasi yang paling cepat menghamburkan uang dengan kartu kredit.

Maka, remaja perlu diedukasi dulu sebelum diberikan fasilitas kartu kredit dan sebaiknya diawasi juga pemakaiannya oleh orang tua.

7. Biaya tahunan

Sebelum mengisi formulir pengajuan, pastikan anda sudah bertanya tentang biaya tahunan kartu kredit. Biaya ini tidak terlalu besar, tapi akan tetap berpengaruh pada pengeluaran, apalagi kalau memiliki kartu kredit lebih dari satu.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

8. Pembayaran tepat waktu

Selain membayar sesuai tagihan, bukan sesuai minimum payment, sebagai pengguna kartu kredit juga anda harus disiplin untuk membayar setiap bulannya. Hindari penundaan membayar ke bulan-bulan berikutnya karena akhirnya harus tetap dibayar juga.

9. Perhatikan limit

Pakailah kartu kredit sesuai kebutuhan. Jika tidak ada kebutuhan mendesak yang harus dibeli dengan kartu kredit, maka tidak usah digunakan. Pemakaian ini terkait limit yang dimiliki tiap kartu, tentu tidak harus dihabiskan limit yang ada setiap bulannya.

10. Sistem pembayaran

Poin terpenting dari pemakaian kartu kredit adalah ketahui sistem pembayaran tagihan, keuntungan, dan konsekuensi dari setiap bentuk transaksi. Pastikan kartu kredit anda bisa bermanfaat dan bukan menambah beban keuangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kartu kredit adalah salah satu instrumen utang yang dikeluarkan oleh pihak bank serta memiliki nilai peminjaman yang harus dikembalikan.

    Kartu Kredit

  • TunaiKu

Video Terkini