Sukses

Ini Tarif Hotel Buat Tamu VIP di Pernikahan Kahiyang-Bobby

Selain berbintang, hotel yang menjadi favorit para tamu VIP tersebut adalah yang lokasinya dekat dengan tempat acara yaitu Graha Saba Buana.

Liputan6.com, Jakarta - Resepsi pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution berlangsung hari ini. Banyak tamu very important persons (VIP) dan very very important persons (VVIP) yang turut menghadiri acara tersebut. Mulai dari tokoh-tokoh partai politik hingga duta besar.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Tengah, Heru Isnawan, mengatakan jika harus menginap, tamu-tamu VIP ini biasanya memilih untuk bermalam di hotel-hotel berbintang di wilayah Solo Raya.

Selain berbintang, hotel yang menjadi favorit para tamu VIP tersebut adalah yang lokasinya dekat dengan tempat acara, yaitu Graha Saba Buana.

"Biasanya (tamu VIP) yang paling dekat, yang jadi favorit yang dekat ke venue. Tapi saya kurang hafal hotelnya apa saja," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Rabu (8/11/2017).

Untuk hotel berbintang di wilayah Solo memasang tarif hingga Rp 2 juta per malam. Sedangkan hotel kelas bawah hanya sekitar ratusan ribu rupiah saja.

"Kalau bintang lima sampai 1,5 juta atau Rp 2 juta. Di bawah itu kalau bintang empat mungkin sampai Rp 1 jutaan," kata dia.

Meski pemesanan kamar hotel meningkat di wilayah Solo akibat adanya pernikahan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini, Heru memastikan pengelola hotel tidak menaikkan harga kamar hotel yang dikelolanya.‎

"Di hotel dinamakan tidak ada surcharge atau biaya tambahan. Memang kalau di kita ada diskon, paling mereka bermain di diskon saja. Biasanya besar, tapi sekarang lebih kecil," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pakai taksi online

Pengelola hotel yang tergabung dalam Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Tengah tidak melarang para tamunya untuk menggunakan jasa taksi online.

Hal ini menyusul adanya ‎surat edaran dari Dinas Perhubungan Pemerintah Kota Surakarta yang berisi Imbauan Penggunaan Taksi Resmi dalam rangka menunjang kebutuhan transportasi kegiatan Pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution.

Ketua PHRI Jawa Tengah, Heru Isnawan, mengatakan meski ada imbauan, pengelola hotel tidak mau mengatur soal penggunaan jasa transportasi online menuju acara. Menurut dia, hal tersebut dikembalikan pada masing-masing‎ tamu undangan pernikahan ‎Putri Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menginap di hotel.

‎"Itu kami serahkan kepada konsumen. Mereka sendiri yang panggil (taksi online), mereka yang memakai," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Rabu (8/11/2017).

Heru menuturkan, justru penggunaan jasa taksi online diperlukan jika kebutuhan akan transportasi menuju dan dari lokasi acara pernikahan Kahiyang-Bobby meningkat. Pengelola hotel juga tidak akan melarang taksi online ini masuk ke area hotel untuk menjemput maupun mengantar tamu undangan.

‎"Tidak ada (larangan masuk hotel).‎ Ini sesuai pada kebutuhan, jadi ini tergantung pasarnya saja," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.