Sukses

Mau Harimu Bahagia dan Produktif? Lakukan Kegiatan Rutin Pagi Ini

Liputan6.com, Jakarta - Apa Anda menganggap pagi hari terasa begitu berat? Tahukah Anda, jika bukan hanya Anda saja yang berpendapat seperti itu, karena nyatanya masih banyak orang lain yang berpendapat sama.

Jika pagi hari saja sudah terasa berat, lalu bagaimana cara Anda menghadapi hari? Bisa-bisa hari yang seharusnya menyenangkan dan lebih produktif dapat ikut kacau mengikuti mood Anda di pagi hari.

Lalu, kira-kira bagaimana ya cara agar dapat menikmati pagi yang lebih bahagia dan produktif? Tenang, karena periset telah menemukan caranya, yaitu dengan melakukan ritual sederhana di pagi hari. Hal itu dinilai dapat efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri dan mengurangi kecemasan.

Melansir laman entrepreneur.com, Kamis (9/11/2017), berikut ritual pagi sederhana yang dapat Anda terapkan dan juga telah diterapkan oleh beberapa orang sukses:

1. Bangun Lebih Awal

Sebuah studi telah menemukan fakta menarik bahwa nyatanya orang-orang yang sukses dalam bisnis sering bangun pagi. Contohnya Arsitek Frank Lloyd Wright yang bangun pukul 4 pagi, dan AOL CEO Tim Armstrong yang bangun pukul 5 pagi untuk membaca dan berolahraga sebelum menangani e-mail.

Anda dapat juga coba bangun pagi lebih awal. Mulailah dengan menyetel alarm bangun pagi. Dengan begitu Anda dapat memulai hari dengan lebih santai.

Simak video pilihan di bawah ini:

 

1 dari 5 halaman

Berikutnya

2. Nikmati Sarapan Pagi

Daripada Anda keluar rumah dengan kopi di tangan atau malah melewatkan sarapan sama sekali, ada baiknya mulai saat ini Anda menyempatkan sarapan terlebih dahulu. Ingatlah bahwa sarapan tak membutuhkan waktu lama dan sangat penting untuk mendapatkan energi.

Banyak orang-orang sukses yang mengawali paginya dengan sarapan terlebih dahulu, seperti Dilbert Creator Scott Adams menikmati bar nutrisi dan kopi, peramal cuaca Al Roker meneguk protein smoothie, dan Margaret Thatcher dikenal menikmati kopi dan setengah jeruk setiap pagi.

 

2 dari 5 halaman

Berikutnya

3. Membuat Rencana

Biasanya Steve Jobs memulai setiap hari dengan melihat ke cermin dan bertanya, "Jika hari ini adalah hari terakhir dalam hidup saya, apakah saya ingin melakukan hal yang diinginkan?".

Ritual paginya yang berbicara tentang pentingnya memiliki strategi dan membuat setiap hari menjadi penting, perlu Anda tiru. Karena dengan adanya rencana harian dapat memberi arah dalam tujuan hari itu.

3 dari 5 halaman

Berikutnya

4. Olahraga

Pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk berolahraga. Dengan berolahraga dapat meningkatkan mood dan membantu Anda mengatasi stres. Anda dapat coba dengan olahraga ringan, seperti yoga, lari, atau bersepeda.

Salah satu orang sukses yang berolahraga di pagi hari ialah Sekretaris Negara Condeleeza Rice. Ia memulai harinya dengan latihan kardio pukul 4.30 pagi di atas treadmill atau elips.

4 dari 5 halaman

Berikutnya

5. Bersyukur

Bersyukur merupakan salah satu ritual yang bagus untuk ditambahkan ke dalam rutinitas pagi Anda. Cobalah untuk menghabiskan beberapa menit di pagi hari untuk bersyukur.

Banyak orang-orang sukses yang memulai harinya dengan bersyukur, seperti Oprah Winfrey yang membutuhkan beberapa waktu untuk menghargai burung bernyanyi dan matahari terbit, Miliarder John Paul DeJoria yang menghabiskan lima menit untuk menghargai apa yang dimilikinya dan bersyukur atas kehidupannya, serta Aktor Will Arnett yang membuat daftar 10 hal yang disyukuri, dimulai dengan anak-anaknya.

Bagaimana, mudah diterapkan bukan? Yuk segera ubah rutinitas pagi Anda.

Artikel Selanjutnya
5 Ciri yang Dilakukan oleh Orang 'Gagal' Selama Akhir Pekan
Artikel Selanjutnya
3 Langkah Sederhana Ini Bisa Buat Stres Berkurang Saat Bekerja