Sukses

Mau Hemat Saat Berbelanja? Lakukan 5 Hal Ini

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar Anda tetap hemat dan mengatur keuangan selama belanja. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Keinginan untuk belanja sering kali sulit untuk dikendalikan. Apalagi ketika Anda melihat barang yang selama ini Anda ingin dapatkan. Tetapi banyak dari masyarakat menganggap bahwa belanja akan mengeluarkan anggaran yang besar.

Seringkali belanja juga dapat menguras kondisi finansial yang dimiliki. Meski begitu, ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar Anda tetap hemat dan mengatur keuangan selama belanja. Dengan seperti ini, Anda pun masih bisa menghemat uang yang Anda miliki.

Apa saja? Simak ulasannya seperti dikutip dari Laruno.com:

1. Cek ulasan produk

Setiap produk memiliki kualitasnya masing-masing. Sebagai pembeli, Anda juga pasti ingin produk yang Anda beli memiliki kualitas yang bagus. Hal ini dapat dilihat dari keterangan produk tersebut. Dengan membaca keterangan produk maka Anda juga dapat melihat kira-kira produk mana yang sesuai dengan anggaran belanja yang sudah Anda atur sebelumnya.

2. Bandingkan harga satu dengan lain

Jangan terlalu terburu-buru membeli barang yang ada Anda lihat. Jika Anda ingin tetap hemat, maka cobalah untuk mengecek dan membandingkan harga produk yang sama dari merek yang berbeda. Biasanya merek tertentu memberikan perbedaan harga yang bisa membuat Anda lebih berhemat.

3. Cermati program promosi

Beberapa toko dan merek tertentu biasanya memiliki program promosinya masing-masing. Jangan lupa untuk mencermati hal ini. Cermat akan program promosi yang sedang ditawarkan dapat membuat Anda lebih hemat nantinya ketika belanja.

4. Buat daftar belanja dan maksimalkan anggaran yang ada

Agar bisa berhemat ketika berbelanja, maka Anda harus terlebih dahulu membuat daftar barang apa yang akan dibeli sebelum berbelanja.

Setelah itu jangan lupa juga untuk menargetkan anggaran keuangan yang dapat Anda habiskan untuk belanja. Hal ini dilakukan agar kegiatan belanja Anda dapat lebih terkontrol. Itulah beberapa tips belanja hemat bagi Anda. Semoga bermanfaat!

Simak video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.