Sukses

Mau Jadi Orang Kaya? Ini Tipe Orang yang Harus Dijadikan Teman

Bukannya ingin pilih-pilih, tapi memang teman harus diseleksi agar kita bisa cepat sukses.

Liputan6.com, Jakarta - Kesuksesan dalam hidup untuk menjadi orang kaya tidaklah ditentukan dari usaha diri sendiri saja. Faktor eksternal seperti tipe teman yang Anda pilih juga berkontribusi dalam kesuksesan Anda.

Bukannya ingin pilih-pilih, tapi memang teman harus diseleksi agar kita bisa cepat sukses. Ibarat kita mesin motor, para kolega itu adalah oli. Jika olinya berkualitas buruk, mesin tidak akan mencapai kemampuan maksimal.

Ternyata, menurut riset terbaru yang dilakukan oleh British Psychological Society, orang yang bisa membuat Anda cepat pulih dari masalah adalah mereka yang patut dijadikan teman. Survei itu menilai, orang-orang seperti ini bisa menjadikan teman para orang sukses dalam hidup yang akhirnya mampu menjadi kaya.

Dikutip dari CNBC, Jumat (10/11/2017), para peneliti menemukan bahwa mereka yang memiliki ketahanan lebih tinggi ternyata mampu memberikan kualitas persahabatan yang lebih baik. Meskipun peneliti tidak merinci lebih lanjut alasannya, studi tersebut mencatat bahwa teman terbaik adalah "mekanisme perlindungan" yang dapat membantu Anda melewati masa-masa sulit sangatlah penting.

Namun, hanya karena teman bisa berpengaruh positif terhadap hidup Anda tidak berarti Anda membutuhkan teman dalam jumlah banyak. Sebaliknya, Anda harus benar-benar memperhitungkan dan mengutak-atik lingkaran sosial Anda agar bisa sukses, kata psikolog Cicely Horsham-Brathwaite.

Di sisi lain, kata Brathwaite, menyisihkan waktu untuk menjalin hubungan dan saling mendukung dari pertemanan yang solid sangat penting karena hal ini membantu Anda tumbuh.

Lebih lanjut, mencari teman yang kompetitif juga bisa menjadi langkah yang baik. Persaingan diperlukan agar kita bisa berkembang. Dengan berteman dengan orang yang kompetitif kita lebih terpacu untuk meningkatkan kapasitas diri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Penulis Thomas C Corley menghabiskan lima tahun untuk meneliti kebiasaan para orang kaya. Dalam bukunya ia mengungkap, orang kaya ini sangat menghindari berteman dengan orang yang pesimis.

"Para miliarder sangat pemilih bergaul dengan siapa," kata Corley dalam buku "Change Your Habits, Change Your Life"

"Anda akan sukses seperti dengan siapa Anda berhubungan. Orang kaya selalu mencari teman yang memiliki tujuan, optimistis, antusias dan secara keseluruhan bermental positif," kata dia.

Sebanyak 86 persen orang kaya yang ia teliti punya kebiasaan bergaul dengan individu yang ingin sukses dan membatasi pergaulan mereka dengan orang yang negatif.

Mengganti teman yang negatif dengan orang-orang bermental positif dinilai penting, karena mereka yang berkantong tebal cenderung meniru teman mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini