Sukses

Selamat! 17.521 Orang Lolos Seleksi CPNS Kemenkumham

Sebanyak 17.521 orang dinyatakan lolos seleksi penerimaan CPNS Kemenkumham.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah melewati proses seleksi yang panjang, Panitia seleksi CPNS Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) akhirnya mengumumkan hasil seleksi penerimaan CPNS Kemenkumham, pada Kamis (9/11/2017). Sebanyak 17.521 orang dinyatakan lolos seleksi penerimaan CPNS Kemenkumham.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Hamonangan Laoly menuturkan, proses seleksi CPNS tersebut digelar demi menyaring Putra dan Putri terbaik Indonesia untuk bekerja sebagai PNS Kemenkumham sekaligus mengabdi kepada masyarakat dalam bekerja.

Proses perekrutan CPNS Kemenkumham 2017 ini bukanlah merupakan hal yang mudah dan singkat. Sebab proses perekrutan CPNS Kemenkumham 2017 ini dilakukan secara terbuka tanpa ada tindakan berupa Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN).

“Dengan begitu antusiasnya masyarakat dengan lowongan perekrutan CPNS Kemenkumham 2017. Kami pun berupaya semaksimal mungkin untuk dapat melakukan proses seleksi yang terbuka dan fair tanpa memberikan celah untuk kecurangan. Dan kami dapat menyatakan bahwa perekrutan CPNS 2017 dilakukan secara bersih tanpa ada pungli dan kecurangan,” tegas Yasonna.

Selain itu, proses seleksi CPNS Kemenkumham juga memiliki banyak tahapan persiapan dan koordinasi yang dilakukan secara intensif dengan Kementerian dan Lembaga lain yang terkait. Semisal, bekerjasama dengan aparat TNI dan Brimob yang tersebar di Indonesia.

Yasonna menjelaskan, sebagai pelaksana proses seleksi CPNS Kemenkumham. Panitia seleksi CPNS Kemenkumham pusat maupun daerah ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

“Khususnya Kementerian PAN RB dan Badan Kepegawaian Negara yang berwenang mengatur kebijakan, sistem, dan prosedur seleksi CPNS ini,” tuturnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Adapun kepada seluruh pegawai baik di tingkat pusat maupun 33 Kantor Wilayah Kemenkumham. Yasonna juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kerja kerasnya dalam melaksanakan seleksi CPNS 2017 ini.

Dia menjelaskan, berdasarkan PP No. 11 Tahun 2017 dan PermenPanRB No. 20 dan 24 Tahun 2017, dari jumlah 17.526 formasi hanya berhak diikuti sebanyak tiga kali formasi yaitu 51.754 peserta untuk Seleksi Kompetensi Bidang yang dilaksanakan di masing-masing Kantor Wilayah.

Kemudian panitia seleksi CPNS Kemenkumham melakukan perhitungan akhir dilakukan menggunakan pembobotan sesuai ketentuan Permen PAN-RB No. 20 Tahun 2017. Yaitu untuk SKD 40 Persen dan SKB 60 Persen.

Sebagai informasi, sebanyak 1.116.138 calon peserta CPNS Kemenkumham 2017 yang mendaftar. Pelamar yang tersaring tercatat sebanyak 516.305 orang yang berhasil lulus tahapan verifikasi dan menjadi peserta Seleksi Kemampuan Dasar.

“Data nilai para peserta yang sejak awal sudah tersimpan di dalam sistem, selanjutnya kami serahkan kepada Panselnas untuk dilakukan proses integrasi dari keseluruhan nilai dan mengumumkan hasilnya kepada masyarakat luas,” jelas dia.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

Yasonna menambahkan, untuk total CPNS Kemenkumham yang diterima bekerja pada awal Januari 2018 sebanyak total 17.521 orang. Angka tersebut, terbagi berdasarkan pelamar tingkat pendidikan SMA berjumlah 14.000 orang, pelamar D3 berjumlah 30 orang, pelamar Dokter Umum berjumlah 33 orang, dan pelamar S1 berjumlah 3.458 orang.

Alhasil dari formasi 17.526 dengan peserta Seleksi Keterampilan Bidang diikuti sebanyak 51.754 orang. Sayangnya, lowongan untuk pelamar Dokter Spesialis tidak terpenuhi dengan kuota sebanyak 5 orang dalam CPNS Kemenkumham 2017 ini.

Tak ayal, bagi para Pejuang CPNS Kemenkumham yang telah dinyatakan lulus. Yasonna mengucapkan selamat dan ditunggu kinerjanya untuk mengabdi kepada negara bersama-sama Kemenkumham. Sedangkan bagi peserta yang belum lulus jangan menjadikan ini akhir dari segalanya.

“Kami sadar bahwa masih banyak hal yang harus kami tingkatkan dalam penyelenggaraan seleksi CPNS ini. Atas segala kekurangannya kami mohon maaf dan akan terus kami lakukan peningkatan untuk kedepannya. Mari bekerja untuk Negeri! Salam Pengayoman!” Menkumham menegaskan.

Sedangkan untuk pengumuman hasil seleksi CPNS Kemenkumham paling lambat sudah dapat diketahui pada jam 12 malam. Namun direncanakan pada jam 9 malam nama-nama CPNS yang lulus sudah dapat diketahui oleh publik.

“Barangkali yang perlu disampaikan kepada publik. Apa yang kita lakukan dalam menerima CPNS Kemenkumham betul-betul transparan. Bahwa tidak ada yang beruntung itu kembali kepada diri masing-masing,” Yasonna menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini