Sukses

Menteri Yasonna: Seleksi CPNS Kemenkumham Bebas KKN

Menkumham Yasonna Laoly menegaskan telah berupaya semaksimal mungkin melakukan proses seleksi yang terbuka dan fair tanpa kecurangan.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah melewati proses panjang, sebanyak 17.521 peserta dinyatakan lulus dalam seleksi CPNS Kemenkumham 2017. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly menegaskan, Seleksi Kemenkumham ini telah dilakukan secara terbuka dan sepenuhnya bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN).

“Dengan begitu antusiasnya masyarakat dengan lowongan perekrutan CPNS Kemenkumham 2017, kami pun berupaya semaksimal mungkin untuk dapat melakukan proses seleksi yang terbuka dan fair tanpa memberikan celah untuk kecurangan. Dan kami dapat menyatakan bahwa perekrutan CPNS 2017 dilakukan secara bersih tanpa ada pungli dan kecurangan,” tegas Yasonna seperti dikutip Jumat (10/11/2017).

“Barangkali yang perlu disampaikan kepada publik. Apa yang kita lakukan dalam menerima CPNS Kemenkumham betul-betul transparan. Bahwa tidak ada yang beruntung itu kembali kepada diri masing-masing,” Yasonna menambahkan.

Lebih lanjut, Menkumham juga mengucapkan apresiasi dan rasa terima kasih yang besar kepada Panitia Seleksi Nasional (Panselnas). Proses seleksi CPNS Kemenkumham ini memiliki banyak tahapan persiapan dan koordinasi yang dilakukan secara intensif dengan Kementerian dan Lembaga lain yang terkait. Semisal, bekerja sama dengan aparat TNI dan Brimob yang tersebar di Indonesia.

"Terima kasih khususnya Kementerian PAN RB dan Badan Kepegawaian Negara yang berwenang mengatur kebijakan, sistem, dan prosedur seleksi CPNS ini,” tuturnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diumumkan pada 9 November

Adapun untuk pengumuman hasil seleksi CPNS Kemenkumham sudah berlangsung pukul 12 malam pada 9 November 2017. Namun direncanakan pada jam 9 malam nama-nama CPNS yang lulus sudah dapat diketahui oleh publik. Pengumuman dapat dilihat melalui situs http://cpns.kemenkumham.go.id.

Sebanyak 17.521 orang dinyatakan lolos seleksi penerimaan CPNS Kemenkumham merupakan mereka yang telah melewati proses berupa Seleksi Administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Angka tersebut terbagi berdasarkan pelamar tingkat pendidikan SMA berjumlah 14.000 orang, pelamar D3 berjumlah 30 orang. Kemudian pelamar Dokter Umum berjumlah 33 orang, dan pelamar S1 berjumlah 3.458 orang.

Para peserta yang dinyatakan lolos dalam Pengumuman Hasil Kelulusan Akhir nantinya dapat melanjutkan ke tahapan berikutnya, yaitu pemberkasan. Pemberkasan merupakan salah satu syarat penerimaan CPNS Kemenkumham 2017.

Pemberkasan pada CPNS Kemenkumham 2017 dijadwalkan akan dilaksanakan pada 13-16 November 2017.

Peserta diharap untuk menyiapkan dokumen yang dibutuhkan dalam pemberkasan nanti. Nantinya setelah pemberkasan, peserta CPNS Kemenkumham tersebut dapat mulai bekerja pada awal Januari 2018 mendatang.

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

Yasonna menambahkan, proses seleksi CPNS digelar demi menyaring Putra dan Putri terbaik Indonesia untuk bekerja sebagai PNS Kemenkumham sekaligus mengabdi kepada masyarakat dalam bekerja.

Sebanyak 51.754 orang mengikuti Seleksi Keterampilan Bidang untuk memperebutkan formasi 17.526. Sayangnya, lowongan untuk pelamar Dokter Spesialis tidak terpenuhi dengan kuota sebanyak 5 orang dalam CPNS Kemenkumham 2017 ini.

Bagi para Pejuang CPNS Kemenkumham yang telah dinyatakan lulus. Yasonna mengucapkan selamat dan ditunggu kinerjanya untuk mengabdi kepada negara bersama-sama Kemenkumham. Sedangkan bagi peserta yang belum lulus, jangan jadikan ini akhir dari segalanya.

“Kami sadar bahwa masih banyak hal yang harus kami tingkatkan dalam penyelenggaraan seleksi CPNS ini. Atas segala kekurangannya kami mohon maaf dan akan terus kami lakukan peningkatan untuk kedepannya. Mari bekerja untuk Negeri! Salam Pengayoman!” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini