Sukses

Menteri Susi Kembali Raih Gelar Doktor Kehormatan

Menteri Susi ingin agar bangsa Indonesia semakin menyadari pentingnya menjaga keberlanjutan kelautan dan perikanan Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Susi Pudjiastuti menerima gelar honoris causa (HC) atau doktor kehormatan bidang manajemen dan konservasi sumber daya kelautan dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya hari ini, Jumat (10/11/2017).

Gelar ini ini merupakan gelar kedua kalinya setelah Menteri Susi mendapatkan gelar yang sama dari Universitas Diponegoro Semarang.

Susi mengucapkan terima kasih kepada ITS atas gelar kehormatan yang diberikan kepadanya. Ia berharap gelar yang diterima dapat mendorong dirinya bekerja lebih baik dalam mengelola kelautan dan perikanan Indonesia.

"Untuk kehidupan pribadi, sebenarnya saya tidak memerlukan gelar. Tetapi untuk profesional dan cinta saya kepada laut serta pertanggungjawaban saya sebagai pejabat negara, legitimasi ini sangat penting untuk meneruskan public policy yang dibuat oleh KKP untuk diteruskan dan dilaksanakan oleh bangsa kita," ungkap Susi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (10/11/2017).

Adanya penghargaan ini, Susi ingin agar bangsa Indonesia semakin menyadari pentingnya menjaga keberlanjutan kelautan dan perikanan Indonesia.

"Saya terharu ketika berorasi karena saya ingat anak saya dan ibu bapak. Saya pikir apabila you do good, apresiasi itu akan datang," imbuhnya.

Susi ingin bangsa Indonesia memiliki kecintaan yang besar terhadap laut dan bersama-sama menjaga laut. Dengan begitu, kedaulatan dan keberlanjutan laut terjaga demi masa depan bangsa.

Bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan yang jatuh pada hari ini, Susi juga mengungkapkan definisi pahlawan menurut dirinya.

"Pahlawan menurut saya adalah orang yang memberikan kerja, hidupnya, nyawanya, untuk memperjuangkan bangsa ini, memperjuangankan mimpi bangsa ini untuk merdeka dan berdaulat," tukas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sebelumnya dari Undip

Sebelumnya, Menteri Susi juga telah mendapat gelar Doktor Honoris Causa bidang Kebijakan Pembangunan Kelautan dan Perikanan dari Universitas Diponegoro Semarang pada Sabtu akhir tahun lalu. Penganugerahan gelar tersebut berlangsung di gedung Prof Soedarto SH Undip, Tembalang.

Rektor Undip Yos Johan Utama mengatakan gelar tersebut layak diterima oleh Susi Pudjiastuti karena kompetensi dan profesionalitas Susi Pudjiastuti dalam mengawal pembangunan di bidang kelautan dan perikanan

“Setelah kami berdiskusi dari sudut akademis khususnya untuk masalah kebijakan pembangunan kelautan dan perikanan, beliau (Susi Pudjiastuti) memang layak mendapat anugerah doktor honoris causa itu,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Senat Akademik Undip Prof Sunarso menuturkan pemberian doktor honoris causa ini juga berdasarkan Peraturan Menteri Ristekdikti Nomor 65 Tahun 2016, Undip sebagai Perguruan Tinggi Negeri dengan Akreditasi A, dapat memberikan gelar kehormatan pada seseorang karena jasa-jasanya yang luar biasa di bidang ilmu pengetahuan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.