Sukses

Terungkap, Ini 7 Kota dengan Biaya Hidup Termurah Sedunia

Studi ini menetapkan peringkat berdasarkan, biaya membeli kebutuhan dasar di supermarket, toko kelas menengah maupun outlet khusus.

Liputan6.com, Jakarta The Economist Intelligence Unit, Divisi Analisis dan Penelitian The Economist Group kembali mengeluarkan peringkat biaya hidup 133 kota di dunia. Dalam laporan bertajuk Worldwide Cost of Living 2017 itu didapuk 10 kota yang memiliki biaya hidup paling rendah, sebagian besar ternyata terletak di India.

Studi ini menetapkan peringkat berdasarkan, biaya membeli kebutuhan dasar di supermarket, toko kelas menengah maupun outlet khusus.

Faktor lain yang ikut dipertimbangkan mengacu pada harga makanan, minuman, pakaian, biaya rekreasi dan hiburan serta pembelian kendaraan dan biaya transportasi (termasuk bensin).

Kemudian biaya sewa rumah, tagihan listrik, sekolah dan pembantu rumah tangga. Ini juga memperhitungkan kondisi nilai tukar masing-masing mata uang di negara-negara tersebut.

Setiap kota diberikan skor. Semakin rendah skor, semakin murah juga biaya hidup di kota tersebut.

Berikut ulasannya melansir eiu.com, Minggu (12/11/2017)

7. Mumbai

Negara: India

Skor: 45

Gadis India mengenakan topeng Dewa Ganesha dalam rangka festival Ganesha Chaturthi di Hyderabad, India, Selasa (5/9). Dalam festival ini, seluruh umat hindu India memperingati hari lahir Dewa Ganesha. (Mahesh Kumar A/AP Photo)

6. Chennai

Negara: India

Skor: 45

Hujan selama 2 hari itu menyebabkan penerbangan dari bandara kota Chennai dihentikan sampai batas waktu yang belum ditentukan.

5. Algier

Negara: Aljazair

Skor: 45

Kepulangan timnas Aljazair disambut meriah oleh para suporter di pusat kota Aljir, Aljazair, (2/7/14) (REUTERS / Louafi Larbi)

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. Karachi

Negara: Pakistan

Skor: 44

Petugas berjaga di lokasi kebakaran sebuah hotel mewah di kota Karachi, Pakistan, Senin (5/12). Wali Kota Karachi Waseem Akhtar mengatakan penyebab kebakaran ini masih belum diketahui secara pasti. (RIZWAN Tabassum/AFP)

3. Bangalore

Negara: India

Skor: 42

Ratusan perempuan menggelar aksi di lebih dari 30 kota di India menanggapi adanya laporan pelecehan massal seksual yang terjadi di Bangalore pada Malam Tahun Baru (AFP)

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

2. Lagos

Negara: Nigeria

Skor: 39

Kota Lagos, Nigeria (AFP)

1. Almaty

Negara: Kazakhstan

Skor: 38

Warga muslim Kazakhstan melaksanakan Salat Idul Adha di halaman masjid Central di Almaty, Senin (12/9).  (REUTERS / Shamil Zhumatov)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini