Sukses

Jokowi Tekankan Pentingnya UMKM bagi Ekonomi ASEAN

Liputan6.com, Jakarta - Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memegang peran sangat penting bagi perekonomian ASEAN. Sebab, 96 persen perekonomian di kawasan Asia Tenggara ini terdiri dari UMKM.

“Jika kita berbicara mengenai integrasi ekonomi ASEAN, maka tugas kita membawa UMKM dalam integrasi kita,” ucap Presiden Joko Widodo (Jokowi) ketika berbicara pada ASEAN Leaders‘ Interface With ASEAN Business Advisory Council (ABAC) di Philippine International Convention Center (PICC), Manila, Filipina, Senin (13/11/2017).

Jokowi memberikan apresiasi kepada Dewan Penasehat Bisnis ASEAN karena melihat pentingnya keberpihakan ASEAN terhadap UMKM. Selain itu, perhatian juga perlu diberikan untuk memberdayakan perempuan dalam UMKM.

“Saya sambut baik upaya menghubungkan perusahaan multinasional dengan UMKM melalui ASEAN Mentors for Entrepreneurship Network (AMEN),” kata dia.

Menurut Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut, Indonesia sudah sejak lama mengembangkan usaha inklusif yang menghubungkan perusahaan besar dengan UMKM di berbagai sektor.

“Indonesia memiliki Gugus Tugas yang bertugas mensinergikan kepentingan Pemerintah, pihak bisnis dan masyarakat berpenghasilan rendah dalam bidang keuangan inklusif. Saya harap ASEAN dapat merumuskan formula kerja sama alternatif pembiayaan bagi UMKM,” tandas Jokowi.

 

1 dari 2 halaman

Kemitraan

Presiden Jokowi juga berharap, kemitraan strategis antara negara-negara ASEAN dan Amerika Serikat (AS) dapat lebih memberikan kontribusi bagi perdamaian dan kesejahteraan dunia. Mengingat kemitraan strategis ASEAN dan AS meliputi sejumlah bidang, mulai dari politik, keamanan, hingga perekonomian.

"Bagi ASEAN, Amerika Serikat merupakan salah satu mitra penting kita. Saya yakin Amerika Serikat juga memandang penting ASEAN, baik dengan alasan politik, keamanan, maupun dalam kaitan dengan kerja sama ekonomi," ujar dia.

Lebih lanjut, menurut Jokowi, ASEAN juga memiliki sejumlah kelebihan dibanding kawasan lain. Dengan penduduk sekitar 640 juta jiwa, kawasan yang cukup stabil, dan pertumbuhan ekonomi rata-rata diatas pertumbuhan ekonomi dunia.

Dengan demikian, lanjut dia, maka ASEAN akan dapat menjadi mitra strategis AS. Dan Jokowi berharap Presiden Donald Trump berkomitmen untuk memperluas kerja sama AS dan ASEAN yang saling menguntungkan.

"Saya yakin Presiden Trump akan melihat kerja sama ekonomi dalam konteks yang lebih luas dengan hasil win-win cooperation," tandas dia.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014
    Jokowi
  • ASEAN
Artikel Selanjutnya
Jokowi: Negara dengan Ketahanan Pangan Kuat, Ambil Kendali Dunia
Artikel Selanjutnya
Indonesia Dukung Komitmen ASEAN Meningkatkan K3