Sukses

Tukang Belanja, Begini Cara Hemat agar Gaji Tak Cepat Ludes

Liputan6.com, Jakarta - Tengah bulan mendekati akhir bulan adalah masa di mana kondisi keuangan semakin menipis. Tentunya hal ini banyak dialami oleh banyak orang. Tanpa disadari, kebiasaan-kebiasaan ini membuat kita menjadi boros.

Tak jarang ketika tanggal tua sudah di depan mata, keuangan sudah kosong karena uang yang seharusnya uang masih ada jadi menguap dan menghilang entah ke mana. Sebenarnya ada beberapa trik yang bisa membuat kita lebih bertahan dalam serangan tanggal muda.

Bagi kita yang belum berkeluarga, hobi jalan-jalan adalah hal yang lumrah termasuk nongkrong bareng teman-teman. Namun tanpa kita sadari hal ini akan banyak mengeruk uang pribadi. Bahkan tidak jarang kita menjebol tabungan sendiri untuk dapat mengikuti keinginan semata.

Beberapa temuan menjelaskan ada hal-hal mendesak yang sudah harus kita tinggalkan seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Meredam Hasrat Belanja Ketika Baru Terima Gaji

Setiap akhir atau awal bulan kita menerima gaji dari hasil jerih payah kita. Ketika kita melihat saldo di bank bertambah, sontak ego menjadi semakin besar dan kita merasa orang yang paling kaya.

Hal inilah yang memicu kita untuk berbelanja diluar kendali. Kita akan tersadar ketika tagihan belanja kita membumbung tinggi dan  tidak menyadarinya. Untuk menyiasatinya, redam keinginan berbelanja di hari gajian. Cobalah alihkan dengan kegiatan yang lain seperti olah raga misalnya.

2. Mengubah Kebutuhan Rutin Menjadi Keuntungan

Mengubah kebutuhan rutin menjadi sebuah keuntungan tentunya akan membingungkan bila sekilas dibaca. Akan tetapi hal ini sangat mungkin untuk diterapkan. Yang dimaksud dengan menguntungkan adalah kita bisa membeli kebutuhan rutin di swalayan yang sedang mengadakan promo akhir bulan misalnya.

Atau membeli barang dengan kebutuhan tertentu mendapatkan bonus produk dan lain sebagiannya. Dengan cara inilah istilah membuat kebutuhan rutin menjadi menguntungkan.

Simak video pilihan di bawah ini:

1 dari 4 halaman

3. Tetapkan Tanggal atau Hari Tertentu Untuk Waktu Belanja

Cobalah membuat jadwal belanja dalam satu bulan. Dan tentu saja kita harus mendisiplinkan diri untuk menjalankan aturan atau jadwal yang tentunya sudah dibuat sendiri. Jangan sampai mengingkari dan tidak tahan dengan godaan untuk belanja setiap hari libur.

Hal ini akan membuat kita semakin terjebak dalam hari tua tanpa dompet terisi. Bahkan yang lebih parahnya lagi dompet juga tidak akan terisi untuk menabung karena kita cenderung asyik menuruti keinginan belanja kita.

4. Belanja di Saat Perut Kenyang dan Hindari Window Shopping

Pada saat perut kenyang, berangkatlah untuk belanja. Di samping dapat menghemat uang jajan, perut kenyang juga dapat menekan keinginan kita untuk membeli makanan-makanan yang tidak seharusnya dibeli.

5. Disiplin pada Daftar Belanja yang Kita Miliki

Membuat daftar belanjaan sebelum pergi ke toko belanja atau swalayan. Kita dapat saja membuat daftar belanja yang bagus, namun ketika kita pergi berbelanja, mata kita dengan awas mengawasi beberapa produk yang menarik dan lupa bahwa kita telah memiliki daftar belanja.

Dengan begitu, dapat disimpulkan selain membuat jadwal belanja, kita juga harus mentaatinya dan berdisiplin diri untuk menggunakannya. (Baca Juga: Apa yang Perlu Diketahui dari Inklusi Keuangan? Cek di Sini)

 

2 dari 4 halaman

6. Hindari Membeli Porsi Besar dan Belilah Porsi Secukupnya

Kemasan dengan porsi jumbo bukan berarti membuat lebih irit. Ada pendapat yang menyatakan dengan membeli kemasan jumbo, kita bisa lebih menghemat.

Namun pada kenyataannya kemasan jumbo akan memancing kita untuk lebih sering menggunakan dan mengonsumsi apabila itu bahan makanan dan minuman. Jadi belilah porsi atau kemasan dalam porsi yang sedang sesuai dengan kebutuhan.

7. Gunakan Kartu Kredit di Saat Tertentu agar Pengeluaran Lebih Irit

Kartu kredit ternyata tidak selamanya menjebak dan boros, terkadang kartu kredit dapat membantu kita untuk lebih hemat. Manfaatkan promo-promo yang ditawarkan oleh kartu kredit. Gunakan di saat tertentu dan saat yang benar-benar menguntungkan.

8. Mencoba Membuat Tantangan Belanja Setiap Bulan dengan Rekan Kerja

Buat daftar belanja dan cobalah berlomba dengan rekan dekat atau kerabat Anda untuk membuat sebuah aktivitas menyenangkan untuk belanja lebih hemat. Buatlah sebuah tantangan dengan rekan atau teman Anda bahwa belanja lebih irit itu menyenangkan.

 

3 dari 4 halaman

9. Belanja Online Bisa Jadi Alternatif Belanja Hemat

Dengan kecanggihan teknologi, belanja online rupanya juga dapat membuat lebih hemat. Di samping kita dapat terhindar dari kemacetan, menghemat waktu, dan terhindar dari kebisingan kota yang semakin padat. Belanja online juga dapat menghemat belanja.

Biasanya toko online akan menjual produknya lebih murah dari penjual retail. Manfaatkan kesempatan ini agar kita bisa mendapatkan peluang mendapat barang lebih murah.

Selektif dalam Berbelanja

Selektif dan disiplin diri adalah hal yang harusnya dikuasai dan sudah seharusnya dapat diterapkan dalam kehidupan finansial kita sehari-hari. Ini demi masa depan yang lebih baik. Dengan berhemat dalam belanja, uang tersebut bisa ditabungkan dan digunakan untuk keperluan yang lebih berguna nantinya.

Artikel Selanjutnya
Banyak Nabung Enggak Bikin Kaya, Begini Seharusnya
Artikel Selanjutnya
Mau Liburan Tapi Tak Punya Uang? Ini 5 Trik Atasinya