Sukses

PTPN Bakal Tutup 11 Pabrik Gula Mulai 2018

Liputan6.com, Jakarta Holding Perkebunan PT Perkebunan Nusantara III (Persero) tetap akan menjalankan program efisiensi pada 2018. Upaya ini dinilai jitu dalam meningkatkan kinerja perusahaan sepanjang 2017.

Salah satu program efisiensi yang dilakukan perusahaan mulai 2018 adalah menjalankan regrouping pabrik-pabrik gula yang dimiliki. Dalam menjalankan regrouping tersebut, ada beberapa pabrik yang akan ditutup.

"Ada yang akan ditutup (2018), PTPN IX ada 3 pabrik, PTPN X ada 3 pabrik dan PTPN XI ada 5 pabrik," kata Direktur Utama PTPN III Dasuki Amsir kepada wartawan di Jakarta, Selasa (14/11/2017).

Saat ini holding PTPN memiliki jumlah tenaga kerja sekitar 120 ribu karyawan. Meski nantinya ada penutupan pabrik, manejemen memastikan tidak akan merumahkan para pekerja tersebut.

Dasuki mengaku, para pekerja itu akan dialihkan ke pabrik-pabrik baru yang tengah dibangun perusahaan. Dalam waktu dekat, holding PTPN akan membangun pabrik baru di Jawa Tengah, yaitu PG Comal Baru.

Di setiap pembangunan pabrik baru ini, kapasitas pabrik akan meningkat. Maka dari itu, dipastikannya akan membutuhkan banyak pekerja.

Tidak hanya dialihkan ke pabrik-pabrik baru, para pekerja dan petani sebagai mitranya akan dialihkan ke PG yang direvitalisasi.

"Perlu penekanan bahwa tidak akan ada terjadi kekurangan kapasitas, petani tidak bisa jual tebunya, karena penutupan bertahap harus ada penggantinya," tutup dia. (Yas)

Artikel Selanjutnya
Tak Penuhi Standar, BUMN Giling Ulang Hasil Produksi Gula
Artikel Selanjutnya
Kementerian BUMN Minta Peningkatan Kualitas Gula