Sukses

Perkuat Logistik, Pelni Jalin Kerja Sama dengan BUMD Jateng

Liputan6.com, Jakarta Untuk memperkuat usahanya di bidang logistik dan freight forwarding, PT Pelni (Persero) menjalin kerja sama dengan badan usaha milik daerah (BUMD) Jawa Tengah, PD Citra Mandiri Jawa Tengah.

Corporate Secretary PT Pelni, Didik Dwi Prasetio mengatakan, ada tiga poin penting dalam penekenan nota kesepahaman (memorandum of understanding) kali ini. Tiga poin tersebut diantaranya melingkupi bidang container freigt station; bidang pengangkutan dan pendistribusian kargo dari pelabuhan asal ke pelabuhan tujuan; dan kegiatan jasa logistik dan pergudangan.

"Kerja sama PT Pelni dan PD Citra Mandiri tentu akan memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak, dan ini menjadi kerja sama pertama kami dengan badan usaha milik daerah. Ke depan, kami akan menambah kerja sama serupa di daerah lain di Indonesia," kata Didik dalam keterangannya, Selasa (14/11/2017).

Upaya ini dilakukan, kata Didik, untuk memperkuat jaringan logistik PT Pelni yang didukung dengan armada kapal yang menyinggahi lebih dari 90 pelabuhan di Nusantara.

Penandatanganan dilakukan antara Direktur Utama PT Pelni Insan Purwarisya L Tobing dengan Plt Direksi PD Citra Mandiri Jawa Tengah Agung Rochmadi, disaksikan oleh Direktur Keuangan PT Pelni Tri Andayani dan Asisten 1 Gubernur Jawa Tengah hari ini.

PD Citra Mandiri Jawa Tengah merupakan BUMD milik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang bergerak di bidang pertanian, perindustrian, perdagangan, pariwisata dan jasa. Unit usaha PD Citra Mandiri Jawa Tengah di antaranya adalah apotek, pabrik es, hotel, SPBU, hingga percetakan.

Saat ini PT Pelni mengoperasikan tujuh kapal Tol Laut dengan total kapasitas angkut mencapai 1.505 TEUs. Selain itu Pelni juga mengoperasikan 26 kapal penumpang, yg beberapa di antaranya memiliki ruang muat kontainer dan reefer kontainer.

PT Pelni juga memiliki anak usaha, Pelni Logistics (PT Sarana Bandar Nasional) yang bergerak di bidang freight forwarding. Pemerintah juga mempercayai PT Pelni untuk mengoperasikan 46 kapal perintis dan satu unit kapal ternak. (Yas)

Artikel Selanjutnya
Pengusaha Minta Pemerintah Perbaiki Mata Rantai Tol Laut
Artikel Selanjutnya
24 BUMN Rugi, Sri Mulyani Minta Menteri Rini Perkuat Tata Kelola