Sukses

7 Tren Bidang Usaha yang Prospektif di Tahun 2018

Ibarat musim buah-buahan, tren bisnis berubah cepat setiap tahun. Selayaknya buah, tren bisnis pun bisa kita prediksi.

Liputan6.com, Jakarta - Ibarat musim buah-buahan, tren bisnis berubah cepat setiap tahun. Kamu tentu tak bisa membeli buah durian dengan harga murah sepanjang tahun. Tapi, hal ini bisa diprediksi dengan mengamati jadwal panen. Selayaknya buah, tren bisnis pun bisa kita prediksi.

Dikutip dari Swara Tunaiku, ini 7 bidang usaha yang diprediksi ngetren di 2018:

1. Usaha foodtruck

Foodtruck dengan desain unik mampu menarik hati pelanggan. Pada 2018, usaha ini diprediksi semakin diminati. Dalam menjalani bisnis ini, kamu dituntut untuk berinovasi agar enggak kalah saing mengingat usaha ini semakin populer di kalangan pebisnis.

Tren makanan yang berubah cepat juga menuntutmu untuk jeli dalam menentukan produk yang akan dijual. Kamu juga wajib mendesain kendaraanmu seunik mungkin agar mampu menarik konsumen untuk mampir.

2. Usaha kuliner kreatif

Pernah mencicipi bakso beranak? Bakso ini berukuran yang sangat besar dan diisi dengan bakso kecil-kecil di dalamnya. Karena baksonya seperti memiliki anak, maka kuliner ini pun dinamakan bakso beranak.

Bisnis kuliner kreatif semacam juga diprediksi sukses di tahun mendatang. Jika kamu tak mau ketinggalan usaha ini, cobalah berinovasi untuk mengubah menu kuliner biasa menjadi lebih menarik. Kamu dapat berkreasi lewat nama, rasa, bentuk, maupun jenis paduannya. Tak hanya itu, branding juga harus diperkuat.

3. Bisnis affiliate

Kalau kamu suka dengan usaha kreatif, cobalah melakukan bisnis affiliate. Lewat bisnis ini, kamu cukup mempromosikan produk yang dijual orang lain dan mendapatkan ‘komisi’ dengan sistem affiliate.

Sebagai contoh, jika seorang blogger dengan jumlah pengikut ribuan orang dapat memasang banner affiliate pada artikel blognya. Komisi akan diperoleh setiap kali ada yang pengunjung yang mengeklik banner tersebut. Sederhana, ‘kan? Kamu cukup membutuhkan ketelatenan dan kreativitas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Usaha emas

Investasi emas memiliki risiko yang tak terlalu besar. Usaha emas batangan seperti Antam ini cukup menjanjikan karena harganya yang terus naik setiap tahun. Memang, keuntungannya belum terasa dalam jangka pendek.

Tapi, bersabarlah sekitar 5 tahun saja agar keuntungan yang kamu dapatkan dapat meningkat pesat. Anggaplah emas tersebut sebagai tabungan dan modal investasimu.

5. Bisnis mobil bekas

Permintaan mobil bekas diprediksi akan meningkat di 2018 seiring bertambahnya jumlah masyarakat kelas menengah di Indonesia. Mobil bekas adalah pilihan yang pas bagi golongan kelas menengah untuk berkendara dengan nyaman tanpa harus menguras isi dompet.

Bisnis ini sangat cocok untuk para pensiunan yang tertarik untuk berkecimpung di dunia wirausaha. Teliti dulu kondisi mobil dan kelengkapan suratnya sebelum membeli agar kamu bisa menjualnya dengan harga tinggi.

3 dari 3 halaman

6. Jasa cleaning service

Usaha ini tampaknya jarang diminati. Padahal bisnis ini cukup menjanjikan. Pasalnya, banyak perusahaan maupun rumah tangga yang kesulitan mencari tenaga cleaning service yang berkualitas dan tepercaya.

Soalnya, tak sedikit tenaga cleaning service di Indonesia yang tergiur untuk bekerja di luar negeri karena iming-iming standar gaji yang tinggi. Dari situ, kamu bisa mengambil ceruk pasar dengan sedikit inovasi layanan.

7. Bisnis start-up

Seiring majunya teknologi digital, perkembangan bisnis startup di Indonesia pun kian melejit. Kamu pun jangan mau kalah untuk membangun perusahaanmu sendiri. Pandai-pandailah menemukan solusi atas permasalahan yang ada di masyarakat, sekaligus membaca tren yang menyertainya.

Kalau perlu, gandenglah investor untuk membantu mendanai usahamu. Bukan mustahil perusahaanmu mampu eksis di lini depan dalam beberapa tahun lagi jika kamu punya sistem bisnis yang tepat.

Prospek tren bisnis di atas bisa menjadi gambaran kamu dalam memulai usaha baru di tahun 2018. Mana yang membuat kamu tertarik?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini