Sukses

Asuransi Terbaik Itu Seperti Apa? Ini 6 Cara Mengenalinya

Asuransi Terbaik Itu Seperti Apa? Ini 6 Cara Mengenalinya

Liputan6.com, Jakarta - Dewasa ini banyak produk asuransi yang menawarkan berbagai kelebihan dan keuntungan, dari mulai jumlah premi kecil hingga fasilitas yang banyak untuk kita. Selain itu, ada juga produk asuransi dengan kelebihan investasi di dalamnya.

Tentunya kita tidak akan mengikuti semua program yang ditawarkan. Kita harus mengambil salah satu asuransi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kita.

Banyak ragam produk asuransi yang ditawarkan dari asuransi kesehatan, asuransi jiwa, maupun asuransi untuk harta benda yang kita miliki. Semuanya tetap saja mempunyai nilai yang baik dan kurang menguntungkan bagi kita.

Hal tersebut bergantung pada apa yang sesuai dengan kebutuhan kita. Untuk itu, pahami cara memilih asuransi terbaik berikut ini seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Apakah Sesuai dengan Kebutuhan?

Sebelum kita menentukan produk asuransi mana yang akan digunakan, tentunya menganalisis kebutuhan kita terlebih dahulu adalah langkah bijak yang bisa diambil.

Kenali kebutuhan kita terlebih dahulu, misalnya, ketika kita seorang pekerja yang banyak bekerja di luar ruangan atau pekerja lapangan, sepertinya kebutuhan untuk asuransi jiwa adalah hal yang sesuai untuk kita.

Mengingat, risiko yang bisa menimpa kita. Apabila kita sudah memiliki  anak dan menginginkan pendidikan yang terbaik kelak untuknya, asuransi pendidikan adalah produk yang sesuai dengan kita.

Selain itu, ada baiknya juga mengenali tujuan dan keinginan kita terhadap produk asuransi yang mempunyai program asuransi murni dengan pengembangan dana yang relatif terbatas.

2. Pas dengan Kondisi Finansial

Berikutnya adalah menyesuaikan dengan kemampuan finansial kita. Cobalah mencari program asuransi yang sesuai dengan kemampuan kita dalam membayar premi setiap bulannya. Biasanya premi asuransi akan dibayarkan dalam jangka waktu yang lama.

Oleh karena itu, kita harus bisa menyesuaikan dengan pengeluaran kita tiap bulannya. Jangan sampai kita mengalami pembatalan polis karena kita tidak dapat memenuhi kewajiban kita untuk membayar polis.

Selain itu, mempelajari apa hak-hak atau keuntungan dari jumlah premi asuransi yang kita bayarkan adalah hal yang harus kita lakukan. Jumlah premi dalam sebuah produk asuransi tentunya bervariatif begitu juga dengan manfaat yang diberikan.

Pastinya, jumlah premi yang akan kita dapatkan akan sesuai dengan premi yang akan kita bayarkan. Hindari kekecewaan di kemudian hari karena kurangnya pengetahuan kita kepada manfaat yang akan kita dapatkan demi mengejar premi yang terjangkau.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Direkomendasikan Banyak Orang

Sebelumnya, cobalah mencari informasi terkait produk asuransi, apakah direkomendasikan banyak orang? Selain itu, kita dapat mencari informasi yang akurat melalui website dari perusahaan asuransi tersebut atau mendatangi kantor asuransi tersebut.

Buatlah sebuah skema penawaran dengan jumlah premi yang relatif sama. Hal ini untuk menghindari ketidaksesuaikan dari tiap-tiap produk yang diberikan perusahaan asuransi yang menjadi beberapa pilihan kita. (Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh Penyakit Diabetes Mulai dari Gejala, Penyebab dan Pengobatannya)

4. Perusahaan yang Menjualnya Terpercaya

Hal yang paling utama adalah perusahaan asuransi tersebut terpercaya. Pilihlah perusahaan yang sudah terbukti terpercaya. Sebuah perusahaan asuransi terpercaya adalah perusahaan asuransi yang memiliki rekam jejak bagus, tidak pernah terlibat kasus dan dipercaya masyarakat.

Anda bisa menanyakan kepada teman atau saudara Anda yang mungkin pernah atau mengikuti salah satu produk asuransi.

Anda juga bisa mencari testimoni dan permasalahan dari konsumen sebuah perusahaan asuransi di surat pembaca atau kolom-kolom media sosial di internet. Paling tidak, hal ini dapat memberikan Anda gambaran tentang perusahaan tersebut.

3 dari 3 halaman

5. Penjelasan Produknyadan Prosedur Klaimnya Mudah Dimengerti

Hal yang tidak kalah penting adalah dengan mempelajari produk dan prosedur klaim dari perusahaan asuransi tersebut. Prosedur klaim yang penjelasannya sulit dimengerti dan sangat ribet akan membuat Anda repot di kemudian hari apabila hendak melakukan klaim.

6. Tenaga Pemasar yang Menjualnya Telah Tersertifikasi

Pilihlah seorang pemasar yang sudah tersertifikasi. Dengan sertifikasi,Anda akan terbantudalam mendapatkan informasi yang akurat seputar produk asuransi yang dibutuhkan. Setiap hal yang disampaikan akan dapat dipertanggungjawabkan, dibandingkan dengan pemasar yang masih belum mempunyai sertifikasi.

Karena untuk mendapatkan sertifikasi tersebut, seorang pemasar harus mengalami sebuah proses seleksi dan tes secara tertulis dan standar dari sebuah perusahaan asuransi.

Pentingnya Memiliki Asuransi

Asuransi sangat dibutuhkan saat sedang dalam keadaan di mana Anda terkena musibah atau harus memerlukan bantuan dana karena hal tertentu.

Entah itu asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, ataupun produk asuransi yang lainnya. Karena itu, pilihlah perusahaan yang dapat diandalkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.