Sukses

Belanja Buku Makin Menyenangkan dengan Lakukan 5 Hal Ini

Pergi ke toko buku merupakan hal yang menyenangkan bagi Anda yang hobi membaca.

Liputan6.com, Jakarta - Pergi ke toko buku merupakan hal yang menyenangkan bagi Anda yang hobi membaca. Akan tetapi, terkadang pergi ke toko buku menjadi hal yang menyebalkan lantaran tidak bisa membeli buku yang diinginkan.

Ada beberapa hal yang bisa membuat Anda dapat lebih mempersiapkan diri untuk pergi ke toko buku dan membuat segalanya lebih menyenangkan. Pergi ke toko buku bukanlah hanya sekadar shopping seperti halnya ketika Anda berangkat ke mal.

Hal yang membedakan adalah ketika pergi ke toko buku,Anda sudah mempunyai tujuan untuk mencari buku yang ingin dibeli. Jarang dari kita hanya melihat-lihat karena kebanyakan toko buku telah membuat segel plastik pada bukunya agar pengunjung tidak bisa membacanya. Karena itu, ada sejumlah hal agar belanja buku jadi hal yang menyenangkan.

Apa saja itu? Simak ulasannya seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Belanja Buku dengan Uang Tabungan

Cobalah untuk menyisihkan Rp 5.000 setiap hari. Selama satu bulan uang itu akan berubah nominalnya menjadi nominal yang dapat digunakan untuk membeli sebuah buku. Ketika pergi ke toko buku tanpa anggaran dana yang cukup, Anda akan banyak dikecewakan karena tidak bisa membeli buku yang diinginkan.

Karena itu, membawa dana yang cukup adalah hal yang harus dipersiapkan sebelumnya. Dengan tabungan tadi, diharapkan dapat membeli buku yang diinginkan.

2. Melihat Referensi dan Resensi Buku

Sebelum pergi ke toko buku, ada baiknya melihat-lihat dan melakukan pengecekan terlebih dahulu seputar buku mana yang menarik dan yang menjadi incaran utama saatbelanja di toko buku nanti. Anda bisa mencari buku buku favorit dari laman internet.

Selain itu, Anda juga bisa membelinya secara langsung melalui toko online. Akan tetapi, terkadang diskon yang disediakan di toko buku dapat juga menjadi keuntungan tersendiri. Anda juga harus mempertimbangkan ongkos kirim yang dibebankan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Menelusuri Sendiri Pencarian di Toko Buku

Pada saat berada di toko buku, hindari menanyakan kepada petugas perihal buku yang akan dicari. Hal ini merupakan sebuah seni ketika pergi ke toko buku. Dengan mencari buku yang diinginkan, terkadang Anda menemukan buku-buku menarik lainnya yang bisa dikatakan mempunyai budget harga yang cukup untuk dibeli.

Terkadang juga toko buku memberikan diskon spesial yang lumayan tinggi pada buku-buku yang tahun produksinya sudah lama. Anda bisa memanfaatkan momen itu. Anda bisa mendapatkannya karena mencari secara perlahan dan dengan teliti melihat buku-buku yang ada.Sampai Anda menemukan buku yang ingin dibeli.

4. Mengajak Teman yang Sama-Sama Menyukai Buku

Tentunya akan semakin asyik jika mengajak teman dalam berbelanja atau membeli buku. Selain teman dapat dijadikan teman berbicara, teman juga bisa diajak berdiskusi tentang mana buku dengan topik yang menarik.

Teman juga bisa membantu dalam memberikan pendapat bila sedang dihadapkan dengan pilihan buku mana yang akan dibeli.

3 dari 3 halaman

5. Kunjungi Toko Buku pada Hari-Hari Spesial

Mengunjungi toko buku pada hari-hari spesial seperti tahun baru, pergantian tahun ajaran sekolah, dan hari-hari peringatan nasional lainnya adalah trik jitu untuk mendapatkan diskon terbaik. Seperti Anda ketahui, toko buku akan mengobral bukunya pada saat momen hari-hari spesial tersebut.

Anda juga bisa mendapatkan buku-buku yang menarik dan berguna dengan harga diskon yang spesial pada saat itu. Tidak hanya busana, membeli buku juga ada triknya. Adakalanya toko buku juga menggelar pameran buku yang akan mengeluarkan buku-buku dengan harga yang sangat terjangkau.

Miliki dan Baca Buku adalah Kunci Kesuksesan

Bukan sekadar slogan saja, memiliki buku dan membacanya adalah kunci kesuksesan. Kalimat itu mempunyai arti yang mendalam terhadap nilai buku. Dengan membaca,Anda dapat melihat dunia dan dapat mengetahui banyak hal.

Walaupun di dunia maya, banyak informasi beragam dan mudah untuk didapatkan. Berbeda dengan buku, yang harus melalui sebuah proses penyuntingan yang akurat dan benar-benar melalui sebuah seleksi ketat untuk diterbitkan. Karena itu, buku merupakan referensi yang masih dapat dipertahankan sampai saat ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini