Sukses

Lagi Stres Karena Pekerjaan? Redakan dengan 5 Buah Ini

Liputan6.com, Jakarta Orang yang berkutat dengan rutinitas bisa saja mengalami stres bila tidak menyeimbangkan hidupnya. Sebab, selain bekerja, manusia juga butuh liburan, istirahat bahkan asupan yang bisa memasok energi. Nah, bicara soal makanan dan stres, ternyata ada lho buah-buahan yang ampuh meredakan stres.

Jadi, jika bujet sedang mepet tidak perlu jauh-jauh cari hiburan apalagi yang membutuhkan banyak pengeluaran. Mau tahu buah apa saja dan kenapa buah buah segar ini bisa meredakan stres? Berikut ini ulasannya seperti dikutip dari CekAja.com:

Citrus

Sekilas buah Citrus punya penampakan yang mirip dengan jeruk. Bedanya, buah ini punya khasiat ampuh untuk meredakan stres. Tapi, jika ingin khasiatnya kita peroleh, justru buah ini jangan kita kudap.

Cara mendapatkan manfaat Citrus adalah dengan menghirup aromanya. Penjelasannya terungkap melalui sebuah studi di Brazil pada tahun 2015. Dalam penelitian itu buah citrus dihirup selama 10 menit dan kemudian dilakukan sebuah tes stres.

Hasilnya, peserta tes tidak mengalami ketegangan, bingung, mood yang buruk apalagi stres. Meskipun penelitian ini masih dikembangkan, setidaknya kita tahu aroma citrus mampu membuat rileks manusia.

Alpukat

Buah yang memiliki daging tebal dan berwarna kuning saat matang ini ternyata cukup manjur meredakan stres. Alasannya karena alpukat memiliki kandungan vitamin B yang mampu meredakan stres pada manusia. Alasan kedua, dalam buah alpukat terdapat glutathione, yakni senyawa yang mampu memblokir serapan lemak di dalam tubuh.

Tubuh yang jauh dari kelebihan lemak tentu lebih bebas stres dibandingkan tubuh yang mengalami kelebihan serapan lemak.

Hebatnya lagi, alpukat juga mengandung vitamin E, folat, hingga beta-karoten yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan kondisi tubuh yang prima, kemungkinan mengalami stres lebih kecil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Buah berry

Buah berry

Buah berry punya berbagai jenis di antaranya blueberry, blackberry, raspberry hingga strawberry. Mungkin di antara ketiga buah itu hanya strawberry saja yang banyak dan mudah dijumpai di Indonesia. Namun, buah berry apapun jenisnya ternyata memiliki kandungan antosianin yang bermanfaat untuk menyegarkan kognitif otak.

Alhasil, manusia yang memakan buah ini jadi lebih mampu meredam stres. Kelebihan lain buah ini yaitu mampu menjaga kesehatan pembuluh darah. Selain itu, buah berry juga mampu menahan rasa lapar karena memiliki kandungan serat yang tinggi.

Jeruk

Buah yang relatif mudah ditemukan dan harganya terjangkau ini ternyata juga punya efek positif terhadap orang yang mengalami stres. Alasannya karena jeruk mengandung vitamin C cukup tinggi.

Asal tahu saja, orang yang mengalami stres cenderung memiliki kadar vitamin C yang rendah dalam tubuhnya. Akibatnya, orang jadi mudah lelah dan sakit. Buah jeruk memang tidak secara langsung meredakan stres, namun buah ini menghindari dampak fisik dari orang yang mengalami stres.

3 dari 3 halaman

Pisang

Saat sedang stres, jantung manusia akan berdetak lebih cepat dari biasanya. Proses ini mengakibatkan kalium dalam tubuh berkurang drastis. Jika Anda mencukupi tubuh dengan pisang, maka unsur kalium tersebut akan tercukupi. Kalium di antaranya berfungsi melancarkan distribusi oksigen ke otak sehingga membuat otak mampu bekerja dengan normal.

Selain itu, pisang juga memiliki kandungan asam triptophan yang dapat diubah menjadi serotonin alias zat yang memainkan peran dalam suasana hati manusia. Jika suasana hati sedang berada dalam tekanan dan bisa berujung stres, maka setelah mengonsumsi pisang sertonin akan menyebar di dalam tubuh dan mengatur pikiran serta hati menjadi lebih tenang.

Terakhir, kandungan vitamin B6 yang tersimpan di dalam pisang juga mampu mengubah mood manusia dari negatif menjadi positif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.