Sukses

Pimpin Negara Miskin, Gaya Hidup Mewah Mugabe Bikin Tercengang

Liputan6.com, Jakarta - Tampuk kepemimpinan Presiden Zimbabwe Robert Mugabe tengah terancam. Diktator berusia 93 tahun ini dipaksa mundur oleh rakyat Zimbabwe dari kursi presiden setelah 37 tahun berkuasa.

Pihak militer Zimbabwe juga tengah mengambil alih kendali negara ini. Meski menyandang status sebagai pemimpin dari negara miskin, harta Mugabe tidak bisa dibilang sedikit.

Menurut laporan theindependent.co.zw yang dikutip pada Senin (20/11/2017) pria ini memiliki harta lebih dari US$ 1 miliar yang sebagian besar diinvestasikan di luar negeri. Rumahnya yang berada di Ibu Kota Zimbabwe, Harare, dikabarkan memiliki 25 kamar tidur.

Selama lebih dari tiga dekade berkuasa, kekayaan Mugabe dilaporkan meroket dalam jumlah yang signifikan.Aset Mugabe memiliki bentuk yang beragam. Pria lanjut usia ini merupakan pemilik dari Zimbabwe Consolidated Diamond Company, perusahaan tambang terkenal di negara itu.

Kubu oposisi mengklaim bahwa Mugabe memiliki 14 peternakan di Zimbabwe.Dari belasan peternakan Mugabe, yang paling dikenal adalah peternakan Omega Dairy, salah satu peternakan sapi perah terbesar di Afrika bagian selatan.

Mugabe juga memiliki rekening rahasia di Swiss, sebuah pulau pribadi di Bahama hingga istana di Skotlandia. Beberapa waktu lalu, suami dari Grace Mugabe ini dilaporkan menghabiskan US$ 1 juta ketika ia menyewa pesawat super mewah Boeing 767-200 sebagai kendarannya ke Singapura dan Ghana.

Pengeluaran ini tentu memicu kritik keras apalagi saat itu negaranya tengah kesulitan menikkan gaji pegawai negeri dan menyelamatkan penduduk dari banjir.Pada 10 bulan pertama tahun 2016, Mugabe menghabiskan US$ 36 juta untuk biaya dinas dalam dan luar negeri.

1 dari 2 halaman

Vila

Tak hanya sampai di situ, awal Januari lalu Mugabe menggunakan anggaran negara US$ 500 ribu per tahun untuk mengoperasikan sebuah vila di Dubai. Untuk urusan kendaraan, Mugabe memilih untuk menaiki Mercedes Benz s600L custom-built yang mampu menahan peluru AK-47, ranjau darat dan granat.

Mobil mewah itu juga dilengkapi dengan pemutar CD dan DVD, akses internet dan perangkat anti-bugging. Warga Zimbabwe juga melaporkan bahwa Mugabe memiliki Rolls-Royce Phantom IV, mobil mewah era kolonial Inggris yang begitu eksklusif, hanya 18 unit yang diproduksi.

Mobil mewahnya diperkirakan bernilai lebih dari seluruh PDB Zimbabwe. Semua gaya hidup mewah Mugabe ini bertolak belakang dengan kondisi memprihatinkan rakyat Zimbabwe. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan lebih dari 72 persen warga Zimbabwe hidup dengan kurang dari US$ 1 per hari.

Ekonomi Zimbabwe terus terpuruk yang ditandai dengan krisis likuiditas yang ketat, kekurangan uang, penutupan perusahaan dan pengurangan biaya. Negara ini memiliki tingkat pengangguran sebesar 95 persen, menurut Organisasi Perburuhan Internasional (ILO).

Artikel Selanjutnya
Daftar Negara dengan Penduduk Paling Panjang Umur, Ada Indonesia?
Artikel Selanjutnya
Banyak Harta, Kenapa Miliarder Malah Pilih Hidup Sederhana?