Sukses

Investor Cermati Ekonomi Global Bikin Bursa Asia Naik Tipis

Liputan6.com, Tokyo - Bursa Asia menguat tipis pada hari ini karena investor masih mencermati bukti penguatan perekonomian global. Sementara dolar bertahan mendekati level tertinggi dalam satu minggu, saat mata uang lain seperti euro melemah.

Melansir laman Reuters, Selasa (21/11/2017), indeks saham Asia Pasifik di luar Jepang menguat 0,15 persen.

Sementara indeks KOSPI Korea Selatan naik 0,25 persen, saham Australia naik 0,15 persen dan Nikkei Jepang menguat 1,25 persen.

Pasar ekuitas telah menikmati kenaikan pada tahun ini berkat penguatan ekonomi global. Ini terlihat pada data ekonomi di Jerman yang mendorong benchmark DAX. Jerman melaporkan penguatan data aktivitas industri.

Sebelumnya, Wall Street juga menguat dipimpin saham telekomunikasi dan teknologi, dengan Dow merayap kembali ke rekor tertingginya pada dua minggu lalu. 

Dalam mata uang, indeks dolar ditutup mencapai posisi tertinggi dalam seminggu menjadi 94.104. Penguatan greenback didorong kenaikan imbal hasil obligasi dua tahunan AS.

"Imbal hasil dua tahun tampaknya meningkat terlalu tinggi saat ini, karena the Fed hanya akan menaikkan suku bunga, upah, dan harga," kata Makoto Noji, Senior Strategis SMBC Nikko Securities.

Dolar juga menguat terpicu kegagalan Kanselir Jerman Angela Merkel untuk membentuk pemerintah koalisi tiga arah, yang bisa membawa ekonomi terbesar Eropa ini ke dalam krisis politik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wall Street Menguat Terdorong Saham Verizon

Wall Street ditutup menguat pada perdagangan Senin (Selasa pagi waktu Jakarta), terpicu kenaikan saham Verizon yang mendorong indeks sektor telekomunikasi.

Melansir laman Reuters, indeks Dow Jones Industrial Average naik 72,09 poin atau 0,31 persen menjadi 23.430,33. Sementara indeks S&P 500 menguat 3,29 poin atau 0,13 persen menjadi 2.582,14 dan Nasdaq Composite bertambah 7,92 poin atau 0,12 persen menjadi 6.790,71.

Dengan tidak adanya laporan pendapatan perusahaan besar atau rilis data ekonomi pada minggu ini, volume perdagangan diprediksi sedikit dan akan semakin tenang menjelang liburan Thanksgiving pada Kamis. Volume perdagangan secara total pada hari ini merupakan yang paling sedikit dalam sebulan.

Wall Street naik, setelah saham Verizon (VZ.N) mendorong sektor jasa telekomunikasi pada indeks S&P 500 dengan naik 1,7 persen menjadi US$ 46,20. Ini setelah perusahaan dalam catatan Wells Fargo, menyebutkan memberikan "hasil imbal hasil yang menarik."

Namun, di sisi lain, saham Telecoms turun 17 persen tahun ini. "Ada kenaikan dalam saham telekomunikasi, yang merupakan kelompok terburuk sepanjang tahun ini," kata Eric Kuby, Kepala Investasi North Star Investment Management Corp di Chicago.

Adapun saham yang menguat lainnya, antara lain milik Cavium (CAVM.O) yang menyentuh rekor tertinggi di US$ 84,41. Ini setelah saingannya yang lebih besar Marvell (MRVL.O) mengatakan akan membeli perusahaan tersebut seharga sekitar US$ 6 miliar.

Saham Cavium terakhir naik 10,8 persen menjadi US$ 84,02 dan saham Marvell naik 6,4 persen menjadi US$ 21,59.

Indeks semikonduktor naik 1,2 persen dan menyentuh level tertinggi sejak puncak gelembung Y2K.

Sekitar 5,67 miliar saham berpindah tangan di bursa AS, jauh di bawah rata-rata 6,81 miliar harian selama 20 sesi terakhir dan paling ringan sejak 18 Oktober.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Bursa Asia