Sukses

Mengintip Rumah Mewah Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe

Liputan6.com, Jakarta - Nama Robert Mugabe tengah banyak menjadi pembicaraan publik. Diktator yang telah berkuasa di Zimbabwe selama lebih dari tiga dekade ini sedang dipaksa mundur dari jabatannya. Pihak militer Zimbabwe kini yang menguasai pucuk pimpinan di negara Afrika tersebut.

Meski merupakan pemimpin dari negara miskin, gaya hidup Mugabe tidak bisa dibilang sederhana. Hal ini nampak dari desain rumah yang ditempatinya yang lebih dikenal dengan nama 'Blue Roof'.

Rumah yang terletak di Harare ini memiliki 25 kamar tidur dan diperkirakan nilainya mencapai US$ 10 juta atau Rp 135 miliar. Ini tentu sangat bertolak belakang dengan kondisi masyarakat Zimbabwe yang masih banyak terbelit kemiskinan.

The Zimbabwean, pada Selasa (21/11/2017) melaporkan, rumah ini dilengkapi dengan sistem keamanan seharga jutaan pound sterling. Fasilitas di dalamnya pun sangat lengkap. Mulai dari kolam renang, area olahraga hingga kamar berubin marmer terletak disana.

Foto-foto dari rumah mewah Mugabe dirilis ke publik sebagai bukti akan keserakahannya dalam meraup kekayaan negara. Ia juga dinilai tidak bertindak adil dan mengesampingkan kepentingan rakyat.

Terlihat dalam foto, tiap ruangan di rumah mewah Mugabe dilengkapi dengan lampu gantung berwarna emas. Seprai tempat tidur berwarna merah melengkapi kesan mewah ruangan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Tak hanya sampai di situ, Mugabe menghabiskan kekayaannya dengan membeli berbagai barang mewah. awal Januari lalu Mugabe menggunakan anggaran negara US$ 500 ribu per tahun untuk mengoperasikan sebuah vila di Dubai. Untuk urusan kendaraan, Mugabe memilih untuk menaiki Mercedes Benz s600L custom-built yang mampu menahan peluru AK-47, ranjau darat dan granat.

Mobil mewah itu juga dilengkapi dengan pemutar CD dan DVD, akses internet dan perangkat anti-bugging. Warga Zimbabwe juga melaporkan bahwa Mugabe memiliki Rolls-Royce Phantom IV, mobil mewah era kolonial Inggris yang begitu eksklusif, hanya 18 unit yang diproduksi.

 

 

Mobil mewahnya diperkirakan bernilai lebih dari seluruh PDB Zimbabwe. Semua gaya hidup mewah Mugabe ini bertolak belakang dengan kondisi memprihatinkan rakyat Zimbabwe. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan lebih dari 72 persen warga Zimbabwe hidup dengan kurang dari US$ 1 per hari.

Ekonomi Zimbabwe terus terpuruk yang ditandai dengan krisis likuiditas yang ketat, kekurangan uang, penutupan perusahaan dan pengurangan biaya. Negara ini memiliki tingkat pengangguran sebesar 95 persen, menurut Organisasi Perburuhan Internasional (ILO).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini