Sukses

Surat Utang KAI Resmi Tercatat di BEI

Liputan6.com, Jakarta - Obligasi I PT KAI (Persero) resmi tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (22/11/2017). Obligasi dengan nilai Rp 2 triliun tersebut tercatat dalam dua seri, yakni Seri A jangka waktu 5 tahun dengan kupon 7,75 persen per tahun dan Seri B jangka waktu 7 tahun dengan kupon 8,25 persen per tahun.

Direktur Keuangan KAI Didiek Hartantyo mengatakan, obligasi ini menandai akses pembiayaan perdana pasar modal.

"Sejarah baru sekaligus kebanggan KAI di mana KAI berhasil mengukir nama di bursa, pasar modal," kata dia di BEI Jakarta, Rabu (22/11/2017).

Obligasi ini mendapat peringkat idAAA dari Pefindo. Para investor berminat pada obligasi tersebut terlihat dari tingginya permintaan.

"Oversubscribed lebih 2 kalilipat, 2,5 kalilipat," sambungnya.

Dana dari hasil penerbitan obligasi ini sebanyak 55 persen untuk penyelesaian proyek kereta api Bandara Basoetta. Sementara sisanya 45 persen untuk pengadaan kereta.

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI Alpino Kianjaya mengatakan, KAI merupakan emiten kelima yang menerbitkan obligasi perdana.

"Emiten kelima menerbitkan emisi perdana. Total 55 emiten yang menerbitkan emisi obligasi 2017 dengan dana yang dihimpun Rp 144 triliun," ujar dia.

Dengan pencatatan ini, Alpino berharap kinerja perseroan akan terus meningkat. "Dengan dicatatkan emisi obligasi diharapkan KAI semakin meningkatkan GCG, meningkatkan kualitas perusahaan," tukas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Investor Thailand Caplok 10 Persen Saham Bank Maspion
Artikel Selanjutnya
Bumi Resources Perpanjang Penukaran Utang Jadi Saham