Sukses

Yuk, Atur Keuangan dengan Pola Hidup Sederhana

Liputan6.com, Jakarta - Pengertian prinsip sederhana adalah bukan mengenai membuang semua hal yang Anda miliki. Akan tetapi, hal tersebut adalah mengenai menyingkirkan beberapa hal yang tidak berguna atau yang tidak membuat hidup Anda berarti.

Konsep yang mudah bukan? Dengan bersikap sederhana, akan membuat Anda hanya berfokus pada hal-hal yang terpenting untuk hidup Anda.

Memang pola hidup sederhana ini terkait dengan kata berhemat, namun jangan disama artikan dengan pelit ya. Pola hidup sederhana merupakan pola hidup di mana penghasilan dan pengeluaran diperhitungkan dan sebisa mungkin pengeluaran dapat diminimalisir.

Berikut adalah manfaat dari menerapkan pola hidup sederhana seperti dikutip dari Laruno.com:

1. Pengeluaran Anda Berkurang

Menjadi seorang sederhana berarti mengurangi kebiasaan berbelanja barang-barang baru dengan cara menyimpan/menggunakan barang-barang lama, atau membeli barang-barang yang benar-benar diperlukan saja.

Ini bisa berarti Anda perlu memilih beberapa benda yang ada di rumah. Anda bisa mendonasikannya atau juga bisa menjual kembali barang-barang Anda yang masih bagus tapi sebenarnya tidak Anda perlukan.

Hal tersebut tentu saja akan sangat bermanfaat bagi Anda terutama bagi keuangan Anda dan juga akan memberi perubahan yang drastis pada kehidupan Anda.

2. Anda Lebih Fokus pada Tujuan

Memiliki lemari pakaian yang sangat besar yang dapat menampung baju sangat banyak bukanlah sesuatu yang sebaiknya Anda simpan. Karena dengan lemari seperti itu Anda akan lebih tertarik untuk berbelanja lebih banyak dengan tujuan memenuhi lemari tersebut.

Dan dengan memiliki pakaian yang sangat banyak berarti juga biaya perawatan yang besar. Hal tersebut tentu saja menyita uang, tenaga, dan waktu Anda. Dengan menerapkan gaya hidup yang sederhana, Anda dapat terhindar dari hal-hal tersebut dan bisa lebih terfokus dengan tujuan utama yang Anda ingin capai dalam hidup Anda.

Lemari tersebut hanyalah sebuah contoh. Anda bisa melakukan hal tersebut di berbagai hal lainnya dan hasilnya akan bersifat akumulatif yang akan berpengaruh besar dalam meningkatkan nilai kehidupan Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Rencana Keuangan Jadi Lebih Baik

Dengan menerapkan pola hidup sederhana maka akan memperkecil pengeluaran. Hasilnya maka berarti Anda juga memperbaiki rencana keuangan jadi lebih baik.

Secara tidak langsung juga jika sebelumnya Anda kurang memperhatikan rencana keuangan Anda setiap bulannya, maka ketika Anda harus mengurangi pengeluaran berarti Anda juga harus mengelola pengeluaran dan keuangan Anda dengan baik.

Dengan manfaat-manfaat di atas. Tunggu apalagi? Segera terapkan pola sederhana untuk keuangan yang lebih baik lagi. Semoga bermanfaat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini