Sukses

Operasi Awal Desember, Tiket Promo KA Bandara Soetta Rp 30 Ribu

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama PT Railink siap mengoperasikan kereta api (KA) Bandara Soekarno-Hatta pada awal Desember 2017. Rencananya, pengoperasian perdana sekaligus sebagai tahapan uji coba kereta bandara ini, langsung dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengaku perkembangan pembangunan KA bandara ini sudah sesuai harapan. Pihaknya berharap kereta ini bisa beroperasi secepatnya.

"Jadi nanti kita tunggu jadwal Pak Presiden, apakah tanggal 1,2, atau 3 Desember 2017 bisa mengoperasikan perdana, nanti baru kita uji coba selama satu bulan," papar Budi Karya di Stasiun Sudirman Baru, Jakarta, Kamis (23/11/2017).

Selama satu bulan tersebut, meski masih tahap uji coba, Railink sudah menjual tiket KA Bandara ini. Dengan demikian, penumpang bisa menggunakan kereta bandara ini mulai awal Desember 2017.

"Jadi satu bulan nanti uji coba sekaligus pengenalan, tiketnya juga promo, Rp 30 ribu," tegasnya.

Promo tiket ini akan berlaku hingga 1 Januari 2017, sebelum nantinya akan beroperasi sesuai harga normal yang direncanakan Rp 100 ribu.

KA Bandara Soekarno-Hatta ini nantinya melayani penumpang di 5 Stasiun, yaitu: Stasiun Manggarai, Stasiun Sudirman Baru, Stasiun Duri, Stasiun batu Ceper, dan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta.

"Namun, pada awal operasional kami akan melayani penumpang di dua stasiun terlebih dahulu yaitu Stasiun Sudirman baru dan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta," kata dia.

PT Railink menyiapkan 10 trainset KA Bandara Soekarno-Hatta dengan kapasitas 33.000 penumpang setiap harinya.

KA Bandara ini ini dilengkapi berbagai fasilitas yang ada di stasiun dan selama perjalanan. Satu trainset terdiri dari 6 kereta yang mampu mengangkut 272 penumpang.

Tonton Video Pilihan Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemesanan Tiket

Untuk pemesanan tiket KA Bandara Soekarno-Hatta, Railink telah mengembangkan sistem sendiri, bernama Airport Railways Ticketing System (ARTS).

Transaksi tiket dilakukan secara non tunai melalui mobile aplikasi, internet booking dan vending machine.

Waktu tempuh kereta ini pun relatif cepat, hanya 55 menit dengan rute Stasiun Manggarai - Stasiun Sudirman Baru- Stasiun Duri- Stasiun Batu Ceper - dan Stasiun Bandara Soekarno- Hatta.

Interior kereta bandara Soetta ini juga didesain seperti pesawat, dimana penumpang dapat mengatur kemiringan kursi dan sandaran tangan.

Selain itu, kereta juga dilengkapi dengan pendingin udara (full AC), pengisi daya ponsel (charging port), toilet terpisah antara pria dan wanita.

Selain itu,di tiap kereta juga dilengkapi bagasi khusus untuk menempatkan barang bawaan penumpang serta 4 (empat) layar TV LED untuk hiburan dan juga memberikan informasi posisi kereta.

Sedangkan Stasiun nya sendiri dilengkapi dengan fasilitas antara lain vending machine, tapping gate, eskalator, gallery ATM, waiting lounge, commercial area, meeting room, toilet, dan mushola.

Khusus di Stasiun Bandara Soekarno-Hatta bahkan dilengkapi dengan konektivitas ke integrated building dan APMS/skytrain. (Yas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.