Sukses

2018, Sektor Usaha Ini Paling Cepat Ekspansi

Hasil survei Robert Walters menunjukkan kalau ada permintaan kandidat yang kuat di semua sektor pada 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan spesialis rekrutmen Robert Walters merilis survei gaji tahunan terbaru. Hasil survei Robert Walters menunjukkan kalau ada permintaan kandidat yang kuat di semua sektor usaha pada 2018.

Kemajuan Indonesia terus berlanjut ke tahap ekonomi global telah mendorong aktivitas rekrutmen yang kuat pada 2017. Hal itu menurut survei Robert Walters. Dengan pertumbuhan ekonomi lima persen dan stabilitas, terdapat permintaan kandidat kuat di semua sektor usaha selain minyak bumi, gas dan pertambangan. Sedangkan ekspansi tercepat terlihat pada industri teknologi terutama financial technology, supply chain dan procurement.

Pada 2018, perusahaan yang beroperasi di sektor ini akan aktif mencari kandidat lokal mahir teknologi dan fasih dwibahasa, idealnya dengan pengalaman internasional. Namun, ketidakseimbangan antara permintaan dan penawaran kandidat akan berlanjut. Itu berpotensi mencapai kesenjangan kemampuan setinggi 50 persen-60 persen pada 2020.

Teknologi merupakan area pertumbuhan utama, baik di perusahaan tradisional maupun dinamis karena tren digitalisasi diperkirakan terus berlanjut. Pada 2018 diperkirakan terjadi peningkatan level ketidakseimbangan antara pasokan talenta yang rendah dengan permintaan talenta yang tinggi.

Pencari kerja dengan pengalaman dalam statistik, analisis data dan kreativitas dasar pun akan sangat diminati. Analis bisnis dan profesional yang kompeten juga akan diminati karena kepentingan bisnis untuk menggunakan data dalam memaksimalkan basis pelanggan dan memenangkan pangsa pasar. Agar dapat menarik, merekrut dan mempertahankan kandidat terbaik, perusahaan perlu membuat keputusan cepat dan strategis selama proses perekrutan.

Sebagian besar perusahaan akan kesulitan untuk menemukan kandidat yang memiliki motivasi tinggi dan kemampuan dwibahasa dengan pengalaman internasional. Kandidat dengan kualitas ini sangat dicari dan cenderung lebih selektif terhadap perusahaan, yang akan mereka pertimbangkan untuk bekerja.

Selain itu, pekerja terampil yang berpindah dapat mengharapkan kenaikan gaji antara 15-30 persen dan untuk peran spesialis dalam teknologi dan penyesuaian meningkat hingga 50 persen pun dapat terjadi.

Rob Bryson, Country Manager, Robert Walters Indonesia mengharapkan pertumbuhan dan aktivitas perekrutan yang stabil di Indonesia pada 2018. Perusahaan yang ingin merekrut kandidat terbaik harus jelas mengenai harapannya terhadap kandidat dan bersiap untuk membayar gaji premium untuk menarik orang yang tepat.

Sebagai tanggapan atas permintaan dari perusahaan yang membutuhkan profesional lokal dengan kemampuan dwibahasa dan pengalaman internasional, kampanye 'Pulang Kampung' telah membantu banyak perusahaan mengidentifikasi dan mempekerjakan kandidat berbakat Indonesia yang terampil dari luar negeri.

"Untuk mempertahankan kandidat teratas ini, perusahaan perlu memastikan bahwa mereka memiliki program pelatihan dan pengembangan yang berkualitas, selain menawarkan paket remunerasi yang menarik," ujar dia seperti dikutip dalam keterangan tertulis, Kamis (23/11/2017).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Selain itu, survei Robert Walters juga menyebutkan kalau di sektor bank dan jasa keuangan, pertumbuhan digitalisasi mengakibatkan tingginya permintaan bagi kandidat yang ahli dalam menangani data. Pencari kerja yang berpengalaman dalam statistik dan analisis data akan sangat diminati. Pelaku bisnis mungkin merasa sulit menemukan kandidat dengan kemampuan risiko kredit dan keterampilan penyesuaian, karena pasar kerja yang sudah ketat menghadapi persaingan lebih jauh dari perusahaan fintech yang baru muncul.

Survei itu juga menyebutkan kandidat profesional dalam bidang SDM terbukti mampu meningkatkan kinerja bisnis dan mengelola perubahan perusahaan yang kompleks, terutama dengan pengalaman global atau regional yang akan diminati sektor SDM.

Di sektor TI, permintaan akan kandidat teknologi kreatif serta data scientist dengan kemampuan mengolah big data dan kemampuan komunikasi yang efektif dengan pemangku kepentingan akan terus berlanjut. Kandidat yang baik di sektor ini dapat melihat kenaikan sebesar 30 – 40 persen saat pindah ke perusahaan baru.

Selain itu, Robert Walters melihat banyak perusahaan yang mencari pengacara in-house karena pemahaman mereka yang lebih besar tentang tuntutan komersial. Beberapa pengacara ahli dalam praktik swasta melihat kenaikan gaji sebesar 50 persen saat pindah ke firma hukum internasional yang baru.

Di sektor sales & marketing, perusahaan baru dan mapan yang masuk ke Indonesia akan terus mencari kandidat berkualitas, yang dapat meningkatkan bagian–bagian terpenting di semua sektor. Perusahaan akan ditantang untuk menemukan kandidat yang memiliki motivasi tinggi, berkemampuan dwibahasa dan terampil secara teknis.

Kandidat dwibahasa dengan rekam jejak yang baik, jalur karier yang stabil dan pengalaman bekerja pada perusahaan multinasional akan tetap diminati di sektor supply chain dan procurement. Kandidat dengan pengalaman internasional akan diutamakan. Mereka yang berpengalaman dalam penjualan regional dan perencanaan operasional juga akan diminati.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.