Sukses

Menhub Budi Karya: Kereta Bandara Soetta Berangkat Tiap 30 Menit

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyambangi Stasiun Batu Ceper Kota Tangerang. Kunjungan kali ini untuk mengecek persiapan jalur Kereta Bandara Soekarno Hatta yang rencananya akan diresmikan pada Desember mendatang.

"Kami resmikan pada awal Desember. Sebenarnya 25 November sudah bisa operasi, tapi kami lebih save kalau ada kesempatan PT Railink untuk uji coba," ujarnya saat ditemui di sela-sela kunjungannya, Kamis (23/11/2017).

Nantinya, kereta bandara ini akan beroperasi dengan rute Bandara Soekarno Hatta (Soetta)-Dukuh Atas. Pada tahap awal, Budi mengungkapkan kereta ini akan dijadwalkan setiap 30 menit.

"Operasinya itu nanti akan dibuat dengan spare 30 menit, dimulai dari Dukuh Atas, dan berhenti di Batu Ceper," ujarnya.

Dengan harapan, dari Stasiun Batu Ceper juga ada warga Tangerang ataupun daerah perbatasan Tangerang, baik dari kabupaten ataupun Tangerang Selatan, bisa menikmati kereta ini. Jadi, tidak perlu kena macet untuk mengejar jam terbang di Bandara Soetta.

Dirinya berharap moda transportasi ini dapat beroperasi penuh pada 1 Januari 2018 mendatang. Sementara pada Desember, warga bisa menikmati tarif murah sebagai perkenalan kereta bandara ini.

"Kita kasih tarif murah di Desember ini, Rp 30 ribu. Nanti per 1 Januari ada pembenahan tarif lagi," ujar Menhub Budi Karya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

10 trainset

Kereta Bandara Soekarno-Hatta ini nantinya melayani penumpang di lima stasiun, yaitu: Stasiun Manggarai, Stasiun Sudirman Baru, Stasiun Duri, Stasiun Batu Ceper, dan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta.

"Namun, pada awal operasional kami akan melayani penumpang di dua stasiun terlebih dahulu, yaitu Stasiun Sudirman Baru dan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta," kata Budi Karya.

PT Railink menyiapkan 10 trainset KA Bandara Soekarno-Hatta dengan kapasitas 33.000 penumpang setiap harinya.

KA Bandara ini dilengkapi berbagai fasilitas yang ada di stasiun dan selama perjalanan. Satu trainset terdiri dari enam kereta yang mampu mengangkut 272 penumpang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.